SUKABUMITODAY.COM – Dinas Perhubungan Kota Sukabumi optimis Pendapatan Asli Daerah dari sektor parkir untuk tahun ini bisa over target, hal tersebut dikarenakan ratribusi parkir hingga akhir november sudah mencapai 97%.

Kabid Unit Pelaksana Teknis UPT Parkir Dishub Kota Sukabumi, Rudi Hartono mengatakan, tahun ini target retribusi parkir ditargetkan mencapai sebesar Rp2,8 miliar. Namun, karena ada pandemi Covid-19 sehingga terjadi penurunan menjadi sebesar Rp 2,078 miliar.

“Alhamdulillah pendapatam PAD hingga akhir November ini kita sudah mencapai, Rp 2,024  milyar atau sekitar 97% dari target yang sudah ditentukan,” kata Rudi kepada wartawa, Jum’at (27/11/20).

Lanjut Rudi, Dishub optimis pada akhir tahun nanti pencapaian retribusi parkir bisa jauh melebihi target yang sudah ditetapkan.

“Kami yakin akhir Desember penghasilan retribusi parkir sudah jauh dari apa yang sudah ditargetkan,”ujarnya.

Setiap tahunnya, sambung Rudi, retribusi parkir ini selalu oper target. Rencananya, jika kondisi sudah kembali normal target retribusi bakal segera dinaikan kembali.

“Karena dimasa pandemi ini aktivitas masyarakat masih belum normal sehingga kami belum melakukan perubahan target. sepertinya untuk tahuyn depan targetnya masih sama, tapi situasional karena kita penerepan kaya tahun sebelumnya susah juga,” sambungnya.

Menurut dia, dari sebanyak 40 kantong parkir yang ada di Kota Sukabumi, salah satu penyumbang retribusi terbesar yakni dari tempat parkir yang berada di sepanjang Jalan Ahmad Yani.

“Tempat parkir ini penyumbang retribusi terbesar sampai 60% persen yang masuk PAD dan itu menjadikan jadi penyumbang terbanyak di kantong parkir yang ada di Kota Sukabumi,” imbuhnya.

Untuk mencapai target retribusi parkir ini, pihaknya langsung melakukna monitoring ke setiap kantong-kantong parkir yang ada. Hal ini, dilakukan guna mengantisipasil adanya kecurangan dari petugas parkir.

“Dengan dipantau secara terus menerus sehingga kami yakin hasilnya juga maksimal dan retribusi ini bisa mengalami peningkatkan,” pungkasnya.

Sementara itu ia berharap, tahun 2021 di Jalan Ahmad Yani, dibuat gedung parkir hal itu, demi memperlancar akses jalan dan mengganti bahu jalan yang selama ini digunakan untuk lahan parkir.

“Kita mengharapkan diruas Jalan Ahmad Yani ada genung parkir, dan insyaallah jika ada, jalan itu jadi kawasan bebas parkir, jadi diharpakan tahun 2021 sesuai RPJMD di Ahmad Yani sudah terbentuk gedung parkir mengganti pasilitas bahu jalan,” pungkasnya