Rabu 09 September 2020

SUKABUMITODAY.COM –terhitung mulai Januari 2021 Bea materai menjadi Rp.10Ribu. menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani bahwa UMKM termasuk dokumen yang nilainya dibawah atauu sama dengan Rp 5 juta tidak perlu menggunaan materai.

Sri  Mulyani melanjutkan RUU bea materai yang berisi 32 pasal tesebut yang berisi mengenai penyetaraan pengenaan pajak atas dokumen baik dalam bentuk kertas maupun digital.

UU yang sudah 34 tahun belum pernah mendapat revisi ini turut memberikan kepastian hukum bagi dokumen elektronik untuk menggunakan materai elektronik sesuai dengan perkembangan zaman dan teknologi.

RUU Bea Materai ini mengatur mengenai pembebasan bea materai terhadap penanganan bencana alam serta kegiatan bersifat keagamaan dan sosia dalam rangka mendorong program pemerintah dalam melakukan perjanjian internasional.

 Selain itu, penyempurnaan sanksi administrative dan ketidakpatuhan pemenuhan pembayaran bea materai juga diatur dalam RUU ini. Sanksi pidana pun tak luput disemurnakan dalam RUU bea materai untuk meminimalkan sekaligus mencegah tindak pidana di bidang perpajakan.


Ia mengatakan berbagai kebijakan dalam RUU Bea Meterai yang sebentar lagi menjadi UU ini mulai diberlakukan pada awal Januari 2021 agar pemerintah dapat menyiapkan seluruh peraturan perundang-undangan di bawahnya.