Rabu 16 September 2020

SUKABUMITODAY.COM – Selasa (15/09/2020) Polres Sukabumi Kota gelar operasi Yustisi guna meningkatkan pendisiplinan dan penagakan hukum protokol kesehatan. Kegiatan tersebut dilakukan serentak di seluruh wilayah hukum Polres Sukabumi Kota.

Operasi gabungan ini melibatkan sejumlah Dinas Instansi terkait. Kegiatan tersebut diawali dengan apel kesiapan yang dipimpin oleh kapolres Sukabumi Kota AKB Sumarni dan dihadiri oleh Walikota bersama wakilnya, Kasdim 0607 Kota Sukabumi dan di ikti oleh ratusan personel gabungan TNI, Polri, Satpol PP Kota dan Kabupaten Sukabumi serta Dishub Kota dan Kabupaten Sukabumi, juga dinas Kesehatan Kota Sukabumi.

selain melakukan sosialisasi protokol kesehatan dan membagikan masker, Operasi Yustisi berhasil menjaring sejumah masyarakat yang kedapatan masih ada yang tidak menerapkan protokol kesehatan hingga akhirnya diberikan sanksi berupa sanksi social membersihkan dan memungut sampah yang berseakan di beberapa ruas jalan menggunakan rompi bertuliskan pelanggar.

Kapolres Sukabumi Kota AKBP Sumarni mengatakan, Operasi Yustisi opersasi tersebut dilaksanakan dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19.

“Hari ini kami bersama Forkopimda , Pemda Kota dan Kabupaten Sukabumi, Kodim 0607 Kota Sukabumi, Sat Pol PP Kota dan Kabupaten Sukabumi dan Dishub Kota Sukabumi, kita menggelar Operasi Yustisi dalam rangka penegakan disiplin penerapan protokol kesehatan di masyarakat,” ujarnya.

Sumarni menjelaskan, dalam kegiatan itu berhasil menjaring beberapa masyarakat yang berkedapatan tidak mengenakan masker, dan diberikan sanksi berupa kerja sosial, seperti menyapu jalanan hingga memungut sampah di jalanan sambil menggunakan rompi pelanggar.

“Sehingga mereka paling tidak mengingat untuk menggunakan masker kalo mereka keluar rumah atau berada di area publik, mereka akan mendapatkan sanksi, tadi baru kita berikan sanksi berupa kerja sosial,” ujarnya.

Operasi Yustisi yang dilakukan secara gabungan oleh Polres Sukabumi Kota beserta Dinas Instansi terkait dan 15 Polsek Jajaran tersebut dilakukan dengan cara Stasioner dan Mobile di beberapa lokasi di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota. Sedikitnya 6500 buah masker ludes selama operasi berlangsung.