LEDAKAN DI BEIRUT DIDUGA AKIBAT AMONIUM NITRAT DI GUDANG

0
316

05 Agustus 2020

SUKABUMITODAY.COM – ledakan dahsyat besar di Beirut, Lebanon yang menyebabkan kehancuran di wilayah di Beirut pada selasa 4 Agustus 2020. Ledakan tersebut diduga berasa dari ammonium nitrat yang disimpan di pergudangan pelabuhan.

Dilansir Aljazeera, rabu (5/08/2020), pihak berwenang Lebanon mengatakan sedkitnya ada 78 orang tewas dan sekitar 4.000 lainnya terluka akibat ledakan besar di pelabuhan  di Beirut.

Menteri Kesehatan Lebanon, Hamad Hassan mengatakan ada banyak orang yang hilang dan dalam pencarian.

“ orang-orang yang bertanya kepada depatemen darurat tentang warga yang hilang karena sulit mencari di malam hari akibat tidak ada listrik. Kami menghadapi bencaana nyata dan peru waktu untuk menilai tingkat kerusakan.” Kata Hassan.

Sementara itu New York Times menulis jumlah korban meninggal terus meningkat, begitu juga korban luka. Sekretarias Jenderal Partai Politik Kataeb, Nizar Najarian termasuk orang tewas dalam ledakan tersebut, dan diantara yang terluka ada Kamal Hayek, ketua Perusaahaan listrik milik Negara, Hayek sendiri dikabarkan masih dalam kondisi kritis saat ini.

Rumah Sakit sekitar dikabarkan kewalahan menerima korban akibat ledakan. Dalam rekaman video yang di unggah banyak media social menunjukan orang-orang yang terluka dan berdarah ditengah debu dan puing-puing reruntuhan bangunan, video juga menunjukan kerusakan yang terjadi akibat ledakan. Bahkan dilaporkan kerusakan terjadi pada property yang lokasinya jauh dari pelabauhan. Palang Merah kerahkan seluruh ambulans dari Lebanon Utara dan Selatan untuk menangani bencana tersebut.

Source : IDN Times