Kamis 30 Juli 2020

SUKABUMITODAY.COM – Kamis (30/07/2020), Sejumlah bahan pangan di pasar Sukaraja Kabupaten Sukabumi mengalami kenaikan di H-1 Idul Adha.

Sejumlah pedangan mengaku alami kenaikan harga dikarenakan konsumsi yang semakin meningkat dan merekapun mengaku ini adalah hal normal karena menjelang Idul Adha.

Salah satu pedagang Daging sapi Aang Suherlan menuturkan bahwa dari harga daging sapi sendiri mengalami kenaikan harga dari Rp. 1.1100 ke angka Rp. 1.1200 Rupiah perKilogram, kenaikan harga ini disebabkan permintaan pembeli yang meningkat.

“ untuk H-1 ini harga dadging mengalami kenaikan harga 10 ribu dari harga sebelumnya, tapi untuk penjualanpun meningkat karena kebutuhan,” ujarnya.

Selain harga daging sapi, harga daging ayam pun ikut mengalami kenaikan yang sangat pesat. Yana Sunarya salah satu pedagang daging ayam di pasar Sukaraja. Ia menyebutkan bahwa harga daging ayam mengalami kenaikan 5-7 ribu perkilogram dari harga sebelumnya.

“ untuk harga daging ayam sebelum idul adha biasanya Cuma 33-35 ribu perkilogram, tapi mendekati lebaran mulainya dari H-3 lebaran itu udah naik dari pusatnya jadi 40 ribu perkilogram,” tutur Yana saat di temui wartawan di kiosnya.

Selain harga daging ayam dan sapi, bahan pangan yang mengalami kenaikan adalah bawang merah, cabai rawit dan cabai merah. Didin Syamsudin mengaku dagangannya mengalami kenaikan harga dari mulai cabai merah yang semulanya Rp.25.000/kg menjadi Rp.40.000/kg, di susul harga cabai rawit dari harga Rp. 25.000/kg menjadi Rp.30.000/kg dan bawang merah yang semulanya Rp.21.000/kg menjadi Rp.25.000/kg.

“ untuk harga menjelang hari raya pasti mengalami kenaikan, tapi tidak semua Cuma cabai rawit, cabe merah dan bawang merah aja yang mengalami kenaikan tapi untuk harga sayur mayur dan yang lainnya tetap normal,” ujar Didin kepada wartawan.

Ditengah harga bahan pangan mengalami kenaikan menjelang hari raya, pembelipun ikut mengalami kenaikan karena kebutuhan konsumsi untuk hari raya.