Kamis 30 Juli 2020

SUKABUMITODAY.COM – Pak Udin adalah seorang kakek berusia 75 tahun warga Kp. Tugu Kecamatan Sukaraja, yang berprofesi sebagai jasa timbang berat badan di pasar Sukaraja Kabupaten Sukabumi.

Di usia yang tidak muda lagi, Pak Udin tetap semangat menjalani profesinya ini. Ia mengaku sudah menjalani profesinya sebagai jasa timbang berat badan sejak sekitar 20 tahun lalu. Sebelumnya ia berprofesi sebagai penjual peyek di Pasar Pelita Sukabumi.

Kakek yang mempunyai 5 anak ini memulai aktivitasnya dari pagi hingga pukul 10:00 WIB. Sekali menimbang hanya dikenakan harga 2 ribu rupiah saja tapi tidak sedikit juga orang yang mempunyai hati baik yang memberikan uang lebih.

“ biasanya sekali timbang Cuma 2 ribu, tapi suka ada aja orang baik yang ngasih lebih buat abah, biasanya mulai kegiatan dari pagi nyampe jam 10 siang,” ujarnya.

Pak Udin tetap bekerja karena tidak ingin membebani anaknya meskipun kelima anaknya sudah bekerja dan berumah tangga, selain itu ia tidak ingin meminta meminta dan memilih untuk bekerja walaupun hanya sebatas jasa timbang berat badan.

“ Tetep kerja karena gak mau ngebabanin anak, kebutuhan rumah mah biar sama abah aja cukupin sama istri, anak mah biarin aja buat ongkos kerja, tapi kadang suka ngasih juga ke abah kalau gajian,” ujar Pak Udin

Pak udin tetap semangat meski apa yang di kerjakannya hari ini tidak banyak peminat karena di tengah zaman serba modern ini masyarakat lebih memilih menggunakan teknologi.