Lomba seduh ugal-ugalan Bernama Analogika

0
527

Ngopi saat ini menjadi suatu keharusan bagi beberapa orang, Seiring dengan tren kopi yang terus meningkat dari tahun ketahun nya di iringi pula dengan bertambahnya kedai kopi, Profesi Barista pun semakin banyak di butuhkan, sebagai ujung tombak dari kedai Kopi Barista belakang selalu di tuntut untuk selalu meningkatkan skill nya dalam menyeduh kopi.

Beberapa event dan perlombaan pun di buat khusus untuk Barista dari lomba menyeduh kopi sampai menyajikan seni dalam kopi latte, termasuk yang terjadi pada hari Selasa 5 Maret 2019 di kedai Analog Kopi Sukabumi, berlangsung perlombaan yang cukup unik bernama “Analogika”.

Yang membuat “Analogika” ini unik dan berbeda dari perlombaan seduh lainnya adalah aturan nya yang melarang para peserta menggunakan scale (timbangan) selain itu peserta juga dilarang menggunakan termometer sebagai alat untuk membuat kopi, dan tentu nya benda benda tersebut cukup vital bagi Barista.

Menurut Mang Erland penggagas dari acara analogika Perlombaan tanpa alat bantu seperti scale dan termometer ini bertujuan untuk mengasah insting para Barista apabila alat-alat tersebut rusak dan kedai kopi harus tetap buka dan melayani pelanggan.

Acara yang di selenggarakan oleh analog kopi dan brewthehood.id berhasil mengumpulkan 24 Barista yang tidak hanya berasal dari Sukabumi, menurut info yang kami terima dari Yudha brewthehood.id  setidaknya ada Barista perwakilan dari Cianjur,Bandung,Cimahi dan Padalarang.

Juri yang terlibat dalam Analogika ini pun terbilang cukup mentereng seperti Bambang Wahyu dari Basta kopi Cianjur, Mpip dari Custom Coffee Garage Bandung, Egi Neski dari Mikha Coffee Bandung,Angga Kuya Dari Red canon Roastery Sukabumi dan juga Ogie Roaster dari Cimahi dan kelima Juri ini bersepakat memilih 3 orang pemenang yang sebelumnya di lombakan dalam Final, Juara tiga berhasi di raih oleh Adul dari Bara Coffee Sukabumi,Di posisi Juara ke dua ada Fatih dari Van Koeshin Koffie Sukabumi dan sang Juara satu berhasil dimenangkan oleh Dany dari Ruang sempit Coffe Sukabumi.

Acara yang dimulai dari pukul 11:00 pun berakhir pada pukul 21:00, banyak asupan pengetahuan dan senang senang dari acara ini,Panjang umur semangat baik.