Ciletuh Geopark Festival 2018 adalah acara tahunan yang biasa di selenggarakan di sukabumi, oleh Dinas Pariwisata Jabar dengan Tagline Celebration on Earth.

Panggung CGF 2018, Penampilan dari seni musik perkusi tradisional dan modern yang di gabung menjadikan sebuah irama musik yang berbeda. Beberapa Pnari dalam rangka pembukaan CFG 2018

Beberapa penari dalam Pembukaan CGF 2018

Akhir pekan ini adalah tanggal yang ditunggu – tunggu untuk mengikuti salah satu event terbesar di kawasan Ciletuh geopark, yaitu CGF ( Ciletuh Geopark Festival ) 2018, dalam acara ini berbagai rangkaian acara digelar, mulai dari acara tarian – tarian tradisional, olah raga ( trail run, Geo Bike ) pameran produk – produk asli khas Geopark, pameran geopark, lomba melukis untuk anak – anak hingga pemecahan Rekor Dunia Tari Jipeng.

5000 Peserta Tari Jipeng Ciletuh Geopark Festival Pecahkan Rekor Dunia


 Para peserta Tari Jipeng dari berbagai kalangan dan usia dalam rangka pemecahan rekor Dunia, menari Jipeng terbanyak di dunia Foto oleh

Tari jipeng adalah tarian khas sunda yang diiringi oleh musik yang khas, pada pagelaran Ciletuh Geopark Festival 2018, dimana dalam agenda nya ada penampilan dari 5000 an peserta yang melakukan tarian ini dengan tujuan untuk memecahkan rekor Dunia, yang sebelumnya sudah di pecah kan di Inggris.

Lokasi dari tari jipeng ini berada di Venue utama Ciletuh Geopark Festival 2018 di lapangan panenjoan.

Pembukaan acara di buka oleh beberapa pejabat kabupaten sukabumi & jawa barat, antara lain Bupati Sukabumi, Marwan S Hamami , Kadis Pariwisata jawa barat Ida Hernida, beberapa perwakilan dari kementrian terkait.

Geo Bike & Geo Trail Run CGF 2018

 Foto oleh @zianlutfiana , salah satu peserta GeoBike Ciletuh Geopark Festival 2018 ( CGF 2018)

Geobike adalah petualangan sepeda dengan rute kawasan geopark ciletuh palabuhanratu unesco global geopark, acara yang digelar Sabtu, 13 Oktober 2018 berbarengan dengan Geotrail Run ini mengambil rute  : Kasepuhan Sinaresmi – Geyser Cisolok – CImaja Cikaka – Citepus – Bagbagan – Loji – Vihara Nam In – Girimukti – Puncak Dharma – Puncak Aher – Taman Jaya ( Panenjoan ) – FINISH .

Peserta geobike ini datang dari berbagai daerah dan kalangan yang ingin menikmati track yang disuguhkan oleh Geopark Ciletuh ini.

Geo Trail Run juga sama diselenggarakan pada Sabtu, 13 Oktober 2018 dengan mengambil rute Bukit Hilal dan berakhir di Panenjoan Taman Jaya Ciemas.

Salah satu atraksi yang saya tunggu juga adalah Tarian Cepet atau kuda lumping, yang berasal dari desa pangumbahan, Ciracap, Sukabumi. pasti pada bertanya, kenapa sebuah kebudayaan Jawa bisa masuk dan berakulturasi dengan kebudayaan sunda, karena di kawasan yang namanya kampung Cijaringao banyak warga yang berasal dari daerah cilacap Jawa Tengah, sehingga terjadi akulturasi budaya yang dinamis dan menjadikan sebuah karya seni yang indah.

Tarian cepet tarian kuda lumping yang diiringi oleh musik tradisional dan lagu dalam bahasa jawa serta atraksi – atraksi lainnya .

Dari sekian rangkaian acara CFG 2018 ini, acara CGF Sukse di selenggarakan dengan penutupan yang apik dari penampilan Wayang Golek oleh Dalang Asep Aceng Amung Sutarya.

Foto oleh : @b_bubuh