Gunung sunda, adalah salah satu gunung yang berada di jajaran bukit kecamatan cantayan kabupaten sukabumi, untuk lokasi nya sendiri dapat di tempuh sekitar 8,9 Km, atau dapat di tempuh kendaraan pribadi sekitar 30 Menit dari pusat kota sukabumi. Gunung sunda pada awalnya hanya bukit biasa yang belum terlalu terkenal sampai dengan saat ini, sampai dengan ada rekan – rekan di sukabumi yang peduli terhadap kepariwisataan sekaligus memajukan daerah sekitar.

Sempat terjadi kericuhan dalam perkembangannya, seiring dengan banyak nya wisatawan baik dari dalam kota hingga luar kota bahkan mancanegara, polemik kepemilikan lahan gunung sunda antara masyarakat sekitar dan pemegang surat resmi kepemilikan PT Holcim. Terlepas dari itu semua dengan muncul nya area baru pariwisata di kabupaten sukabumi ini memajukan masyarakat sekitar dengan menggerakan anak – anak komunitas setempat untuk pengelolaan nya.

Keindahan yang di tawarkan gunung sunda ini adalah, keindahan landscape kota sukabumi utara yang menampakan hamparan kaki gunung gede pangrango dari sebelah timur ke barat, walaupun untuk mendapatkan keindahan ini dibayar dengan perjalanan kaki menaiki anak tangga untuk sampai keatas.

ditengah – tengah perjalanan sebelum menaiki puncak, akan di suguhkan sebuah gubug kecil bertuliskan “Sunda Coffee”, itu adalah kedai coffee dengan view/pemandangan langsung ke daerah sukabumi utara, kopi yang di sajikan mulai dari jenis kopi – kopi arabika, robusta dan bahkan tidak hanya menyediakan kopi saja, bisa juga memesan minuman lain mulai dari minuman panas sampai minuman dingin.

Dipuncaknya sendiri ada sebagian warung – warung yang menjajakan makanan / minuman ringan, bahkan sampai ada si “emang – emang” pedagang bakso “cilok” sampai keatas.

Jalan – jalan di sukabumi yang dekat, gampang di jangkau dan terjangkau dan pada akhirnya memukaukan mata, itu lah kira – kira yang bisa digambarkan dari keindahan yang di suguhkan gunung sunda ini kepada siapapun yang ingin menghabiskan waktu di akhir pekan atau hanya sekedar hunting foto di sore hari.

Selain Berjalan – jalan, disana juga disediakan tempat untuk berkemah dengan atap langit malam yang indah, dan cuaca perbukitan yang dingin.