Sukabumi memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi, salah satunya adalah rumah Tahanan Bung Hatta dan Syahril yang terletak di jalan Bayangkara Kecamatan Gunung Puyuh. Sudah hampir 100 tahun bangunan ini berdiri kokoh, tetapi kurangya perhatian dari Pemerintah membuat kondisi bangunan ini sangat menghawatirkan.

bisa dilihat dari atap rumah yang sudah rusak parah, kayu – kayu penahan yang sudah lapuk dimakan usia, serta hilangnya berbagai peralatan yang dulu menghiasi rumah tahanan bung hatta sampai sekarang masih menjadi misteri. Banyak pegunjung mengeluhkan tentang hal ini.Tetapi apalah daya bagi Ibu Mulyani seorang petugas cagar budaya ini. Beliau sudah berkali – kali membuat Proposal tentang renovasi gedung dan tiruan peralatan rumah, sampai sekarang belum mendapatkan jawaban yang pasti dari Pemerintah Daerah.DSCN1602

Untuk itu Ibu Mulyani mengharapkan Supaya pemerintah bisa secepatnya mengalokasikan dana bantuan untuk cagar budaya ini, ditakutkan bila tidak secepatnya di renovasi gedung ini akan ambruk tak tersisa.