posko KKN mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sukabumi di Desa Muaradua
posko KKN mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sukabumi di Desa Muaradua

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sukabumi lakukan KKN Tematik di beberapa desa yang tersebar di kecamatan kadudampit, salah satunya di Desa Muaradua. Sebanyak 16 mahasiswa KKN di tempatkan di Posko KKN Tematik 2013 desa Muaradua. Sekitar sebulan mereka membuat berbagi program untuk mendampingi warga dalam pemberdayaan keluarga, mulai dari bidang ternak rakyat, kebun keluarga, lingkungan dan pemberdayaan perangkat desa.

Seperti yang dilakukan 14 September 2013 kemarin, mahasiswa KKN lakukan penanaman 400 bibit tanaman keras di sepanjang bahu jalan di sekitar rumah warga mulai dari pohon sengon, flamboyan, durian, trembesi dan lain sebagainya. Pengadaan bibit sendiri diambil dari Dishutbun kab Sukabumi melalui LaLi.

Pada hari yang sama, mahasiswa KKN memfasilitasi pemerintah desa untuk membuat web desa melalui program 1000 web desa yang di gagas Gerakan Desa Membangun. Tahapan pertama dari pembuatan web desa ini yaitu sosialisasi serta penguatan dari Gerakan Desa Membangun yang di dampingi juga tokoh masyarakat dari Desa Mandalamekar sebagai contoh sukses desa yang sudah melek IT. Rencananya, seminggu kemudian web desa muaradua akan hadir ditengah masyarakat yang akan memberitakan kondisi terkini desa.

Kegiatan KKN Tematik mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sukabumi ini diharapkan mampu memfasilitasi pemberdayaan masyarakat sehingga lebih berdaulat dan mandiri. Selain itu, mahasiswa pun bisa menyerap aspirasi warga serta belajar bagaimana berbaur dengan masyarakat sebagai laboratorium sosial masyarakat.