Kita membangun usaha tentu menginginkan adanya keuntungan, bahkan kalau bisa keuntungan itu sebesar mungkin. Hal itu wajar dan mungkin merupakan sebuah keharusan. Karena dengan meraih untung tentu bisnis kita akan dapat berjalan dan berkembang menjadi lebih besar. Agar bisnis kita menguntungkan maka hal yang pertama kita ingat pasti adalah : keuntungan hanya akan diperoleh apabila jumlah pendapatan usaha kita lebih besar dari pengeluaran.Rumus ini tentu sudah dipahami banyak orang yang berbisnis.
Ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan agar kita mendapatkan profit yang terus meningkat, diantaranya :
1. Menetapkan harga jual produk. Kita pasti akan menjual produk kita dengan harga yang lebih tinggi dari harga pokok produksi produk tersebut. Yang membedakan barangkali besaran prosentase keuntungan yang kita rencanakan akan diperoleh dari penjualan produk tersebut. Dalam menentukan hal ini biasanya kita melihat segmentasi pasar yang akan menjadi target kita atau berdasarkan produk yang kita akan jual. Sebagai contoh, bagi pebisnis kuliner biasanya menerapkan strategi harga 2x lipat dari harga pokok produksi, diluar variable biaya karyawan, sewa tempat, listrik dan operasional usaha. Ilustrasi sederhananya dirinci sebagai berikut :
  – 50 % biaya bahan baku produk
  – 15% biaya sewa tempat
  – 10% biaya gaji karyawan
  – 10% biaya listrik dan operasional
  – 15% Keuntungan usaha

2. Mencari supplyer bahan baku yang lebih murah. Langkah ini biasanya dilakukan setelah usaha berjalan beberapa waktu seiring dengan pengetahuan akan seluk beluk usaha yang kita geluti. Langkah ini bisa kita lakukan dengan mencari beberapa supllyer dan malakukan perbandingan harga yang ditawarkan supplyer tersebut. Walaupun sedikit perbedaannya tentu akan mempengaruhi bertambahnya prosentase keuntungan yang akan kita peroleh. Namun langkah ini juga harus disertai kehati-hatian jangan sampai karena tergiur harga yang lebih murah menjadikan kualitas produk kita menjadi berkurang. Bila ini terjadi, keuntungan yang kita peroleh meningkat dalam jangka pendek tapi berakibat fatal bagi kelangsungan bisnis kita dimasa yang akan datang.

3. Melakukan kegiatan promosi produk. Kegiatan promosi bila efektif akan berpengaruh terhadap peningkatan profit bisnis kita, walaupun secara tidak langsung. Hal ini terjadi karena promosi yang efektif akan meningkatkan omzet penjualan produk kita, yang tentu juga akan meningkatkan jumlah keuntungan yang akan kita peroleh. Peningkatan penjualan produk juga akan mengefisienkan pengeluaran biaya yang bersifat variabel seperti biaya listrik, biaya sewa tempat, biaya operasional bahkan terhadapat biaya gaji karyawan. Sehingga dengan melakukan langkah ini, tentu akan banyak berpengaruh bagi peningkatan profit bisnis kita.

4. Mengurangi tingkat kehilangan produk. Seringkali kita menganggap sepele hal ini bila menyangkut hitungan yang sedikit. Padahal kehilangan sedikit pun dari produk kita adalah merupakan beban dan menambah item pengeluaran usaha. Yang harus diperhatikan bukan hanya kehilangan produk yang sudah jadi tetapi juga terhadap bahan baku. Bagi rekan-rekan pebisnis UKM yang sebelumnya pernah bekerja di perusahan besar biasanya akan mengalami hal seperti ini. Di perusahaan besar, kehilangan produk sekecil apapun akan dipermasalahkan dan bisa sampai dengan PHK terhadap karyawan yang melakukannya.

5. Mengefisienkan biaya operasional bisnis. Hal yang perlu kita lakukan untuk melakukan langkah ini adalah dengan mencatat apa saja yang menjadi item-item pengeluaran operasional dari bisnis kita. Hal ini sering kali dianggap sepele bagi sebagian pengusaha UKM. Padahal bila kita lakukan akan mampu meningkatkan keuntungan yang kita peroleh dari usaha kita ini. Biasanya variable biaya operasional ini sering mencakup biaya transportasi, komunikasi dan biaya yang tak terduga. Setelah kita mengetahui besaran jumlah biaya operasional ini, maka kita dapat melakukan evaluasi dengan mencari item-item mana saja yang bisa kita efisienkan. 
Salah satu solusi yang bisa menjadi alternatif dalam mengefisiensikan biaya komunikasi dalam usaha kita adalah dengan memampaatkan fasilitas CUG yang ditawarkan oleh Indosat. Dengan fasilitas ini kita akan banyak benefit, salah satunya adalah mengontrol pengeluaran biaya komunikasi owner/karyawan, gratis menelpon/sms antar owner dan karyawan atau sesama karyawan, bebas melakukan upaya promosi online, dan banyak lagi benefit lainnya. Tentu dengan benefit ini akan mengurangi beban biaya operasional usaha kita dan sekaligus juga dapat meningkatkan profit bisnis kita.
Demikian beberapa tips agar profit bisnis kita dapat meningkat. Semoga bermampaat

Content ini Merupakan Kerjasama SukabumiToday dengan IndosatJabar, Untuk membaca Seluruh content indosat bisa di baca di Content Indosat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here