Redaktur SukabumiToday berikan materi media online dihadapan 300 siswa

Pemahaman Jurnalistik dikalangan siswa saat ini sudah menjadi keharusan, selain untuk membekali siswa agar mampu menuangkan gagasan lewat tulisan, juga diharapkan mampu menjadi lidah bagi informasi yang ada di sekolah sehingga menghasilkan produk jurnalistik yang berkualitas dan informatif. Sebagai bentuk pengenalan akan jurnalisme ini, Bidang Humas MAN Surade Kab Sukabumi adakan Pelatihan Jurnalistik Siswa MAN Surade selama 2 hari, 23 – 24 November di Aula Madrasah Aliyah Negeri Surade jalan lapanglodaya setra no 47 Surade. Kegiatan pelatihan 2 hari bagi 300 siswa perwakilan kelas 10, 11 dan 12 ini difasilitasi oleh beberapa jurnalis baik dari cetak, elektronik dan media online di Wilayah Sukabumi.

Bapak Muhammad Jukardi sebagai Wakil Kepala Sekolah bidang Humas menyatakan bahwa, “ kegiatan pelatihan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengenalan kepada siswa, bagaimana agar menjadi jurnalis yang baik sehingga bisa menjadi sumbangsih bagi dunia pendidikan khususnya, dan bagia perkembangan bangsa pada umumnya”. Kegiatan tahunan yang ke-3 ini menurut pria yang mengaku pernah menjadi jurnalis tersebut diharapkan menjadi kegiatan rutin yang terus berkembang untuk menyiapkan siswa handal dalam bidang tulis menulis, “diharapkan anak terbiasa menulis, karena salah satu kelemahan bidang akademis siswa adalah kurang dibidang tulis menulis”, demikian diungkapkan pria yang memiliki panggilan nama Edi.

Pada kesempatan pelatihan tersebut, mengisi materi bapak Kusmawanto (jurnalis lepas) yang berbagi materi “Menjadi Jurnalis handal”, kemudian redaktur Online arsip.sukabumitoday.com Geri Sugiran AS mendapat kesempatan berbagi pengetahuan “menulis berita di media online”, dan Asep Didi dari Reporter SCTV diberi waktu untuk memberikan materi “menjadi reporter/presenter tv”. Dengan 3 materi jurnalistik ini diharapkan mampu menjadikan siswa paham keilmuan jurnalistik dan kemudian bisa mengaplikasikannya di media Sekolah.

Dari kegiatan ini, menurut Sekretaris panitia Bapak Sulaeman, S.Pd, akan dilakukan tindak lanjut pembuatan mading sekolah dan majalah online siswa. Kegiatan ini dimaksudkan untuk menyalurkan potensi siswa yang sudah mendapatkan pembekalan jurnalistik sehingga siswa lebih paham secara praktek. Dengan cara ini siswa lebih terasah kemampuan jurnalistiknya sebagai bekal ketika nanti keluar dari Sekolah ini.