Sebagai wanita muda yang sedang senang-senangnya bereksperimen memasak di dapur (atau mengacak-acakdapur,hehe),  saya sangat takjub dengan kecanggihan teknologi  saat ini.

Loh apa hubungannya? Tentu ada dooong, sebagai smartphone user, siapapun yang hobi memasak (pria atau wanita sama saja sih sebenernya),  sekarang ini dimudahkan oleh berbagai aplikasi memasak yang dapat diunduh di smartphone kamu, baik blackberry maupun android. Jadi jangan heran yaaa kalau sekarang ini banyak gadis gadis muda yang ke dapur masih nenteng BB-nya, bukan karena masih twitteran buat ikutan kuis di timeline @indosatjabar aja, tapi karena lagi intip resep masakan dari aplikasi-aplikasi aduhai ini.
Untuk pengguna android, ada beberapa aplikasi dengan rating tinggi karena terbukti memudahkan penggunanya yang hobi masak, here’s the list :
1. Recipe Search dari web Allthecooks.com
Satu hal unik dari aplikasi ini adalah kamu tinggal menyebutkan (jadi kaya ngomong ke handphone gitu) bahan-bahan yang ada didapur  kemudian halaman pencari akan menampilkan beberapa rekomendasi resep masakan dengan bahan tersebut.Selain itu, ada ajang “pamer” hasil masakan kita juga looooh dimana kita bisa upload foto masakan dan tips di halaman sharing.Aaaaak seruuuu 😀
2. Sweet’N’Spicy
Nah, ini untuk yang hobi memasak masakakan pedas, aplikasi ini bisa diunduh secara gratis dari android kamu, aplikasi dari fullmeals.com ini menyediakan lebih dari 4000 resep termasuk India loh, tapi gak cuma masakan berkuah,bersantan,dan daging-dagingan, aplikasi ini juga menyediakan resep untuk para vegetarian.
3. Mixology Drink Recipes
Kalau yang satu ini cocok sekali untuk anda yang mau coba-coba bereksperimen membuat cocktail. Ada 7900 resep cocktail dan lebih dari 1.300 bahan yang dibutuhkan plus info cocktail apa saja yang sedang “hits” diluar sana.Sounds delicious…

Untuk pengguna Blackberry ada berbagai macam aplikasi untuk yang hobi memasak juga nih,kita sebutkan beberapa saja yaaa :
1. iRecipes
Konon aplikasi ini menjadi aplikasi masak memasak favorit pengguna BB karena didalamnya terdapat resep masakan dari berbagai negara seperti China, Perancis, Amerika, Italia, dan Jepang. Setiap resep selain menginformasikan bahan dan cara memasak juga disertai juga dengan asal usul masakan tersebut. Anda juga bisa membuat diary untuk masakan-masakan yang telah anda buat lengkap dengan fotonya.Menarik bukan?
2. Healthy recipes

Untuk beberapa orang, memasak bukan hanya perkara masakannya enak atau tidak, tapi juga harus diperhatikan apakah masakan tersebut sehat atau tidak. Untuk itu, SparkpeopleInc. mempersembahkan aplikasi healthy Recipes ini untuk memudahkan anda memasak makanan sehat yang bisa kita hitung sendiri kalorinya. Ada sekitar 200.000 resep masakan sehat beserta tipsnya.
3. Easy Bartender
Jaman sekarang ini kalau kamu mau iseng-iseng jadi bartender ternyata gampang aja loh, jauhkan dulu ide untuk mengambil short course atau masuk sekolah pariwisata yang tentunya memerlukan biaya yang tidak murah, download aja aplikasi ini,dan voilaaa..kamu bisa jadi bartender lokal atau rumahan, at least for your friends. Aplikasi ini menyuguhkan ratusan resep mix minuman baik alkohol maupun non alkohol, lengkap dengan penjelasan bahan, tips meracik, ukuran gelas, dan penyajian. Cool ,eh?!

Sejauh ini saya sudah mencoba beberapa menu yang bahannya sederhana dan mudah didapat di warung atau pasar terdekat seperti kreasi masakan berbahan dasar ayam dan sayur, and most of them sih sukses walau pun kadang takaran bahan atau bumbunyanya harus kita sesuaikan dengan selera kita sendiri biar terasa pas.
Nah..jadi,kata siapa smartphone hanya bisa digunakan untuk ber-social media,shopping, dan photografi saja? Untuk yang hobi memasak pun ternyata lengkap dan mudah.
And FYI, semua aplikasi tersebut bisa kamu gunakan dengan mengaktifkan layanan internet yang bagus dan murah dari Indosat dooong 😀

Have  a goodtime cooking,fellas J