Seiring berjalannya waktu berbagai jenis smartphone terus membanjiri pasaran, baik merk yang biasa sampai merk ternama. Seolah tidak ingin kalah, merk smartphone lokal pun keluar dipasaran. Dan apabila dilhat dari fitur dan spesifikasinya disesuaikan dengan harga yang juga bersaing. 

Kamera adalah salah satu fitur yang terdapat dalam smartphone dan sering digunakan oleh para penggunanya. Ya fitur yang satu ini memang sulit untuk dilepaskan dan diabaikan, selain mudah untuk dibawa kemana saja  dengan menggunakan kamera ponsel, kita bisa dengan mudah mengambil momment tanpa terlewatkan. Contohnya seperti saat menghadiri acara pernikahan, konser musik atau saat kita melalukan perjalanan dan kita perlu mengabadikan setiap sudut tempat yang kita singgahi. 

Apalagi kalo kita bisa benar-benar memanfatkan smartphone yang kita gunakan, selain menguplod dan membagikan foto yang telah kita ambil kita juga mengedit foto-foto yang telah kita ambil dengan berbagai macam aplikasi yang tersedia di Google Play untuk kamu para pengguna smartphone yang sistem operasinya android.

Selain itu dengan menggunakan smartphone yang sepertinya berkewajiban menanamkan kamera, kita bisa dengan mudah mengambil foto dan kemudian menguplod foto tersebut. Membagikan hasil foto yang telah kita ambil kepada teman-teman dan kerabat. Hal itu tentu saja membutuhkan jaringan internet yang lancar dan stabil. Dan indosat pun menyediakan paket internet yang menurut saya bagus, dengan kecepatan sampai 7,2 Mbps bisa membuat kia tersenyum saat menguplod foto yang telah kita ambil.

Sampai saat ini saya mengguna Paket data internet dari indosat dan sinyalnya ada dimana-mana sampai pelosok, jadi buat kamu yang hobi jalan-jalan keluar kemudian menemukan momment yang tidak ingin terlewatkan dan ingin langsung membagikannya jangan ragu untuk menggunakan paket internet dari indosat ;p

Omong-omong soal mengambil foto saat jalan-jalan ada sedikit tips dan trick yang menurut saya patut untuk dicoba nih. Kenapa saya bilang “patut dicoba” sekarang coba bayangkan apabila kita sedang traveling dan menikmati keindahan alam, dimana disana pandangan kita begitu indah. Pasti ada keinginan untuk mengabadikannya kan? Dan tentunya dengan kamera yang tertanam dalam smartphone, kita dapat melakukannya.

1. Kenali Settingan Pada Ponsel dan Fiturnya
Kamera pada banyak ponsel saat ini umumnya memiliki resolusi diatas 5-Megapiksel, jadi bila kamu memilikinya, maka kamu sudah bisa mendapatkan gambar yang cukup baik. Bila gambar ingin berkualitas tinggi, Aturlah kamera ponsel kamu agar bekerja pada settingan terbaiknya seperti resolusi tertinggi, ISO yang tepat, White balance yang sesuai dan banyak lagi. Setiap ponsel memiliki kemampuan yang berbeda-beda jadi kenalilah dengan baik.

2. Hindari Flash Lebih Baik Gunakan Cahaya Alami Matahari

Cahaya Flash yang bersumber dari arah yang menempel pada bodi ponsel akan membuat gambar alam liar Anda terlihat flat atau datar, jadi sebaiknya atur ponselmu agar tidak menggunakan cahaya flash. Matahari adalah objek utama yang indah untuk difoto pada alam liar, carilah sudut pengambilan gambar untuk mengambil objek matahari sekaligus memberi pencahayaan yang luar biasa pada hasil fotomu.


3. Teknik Depth Of Field
Teknik ini biasa digunakan pada kamera SLR menggunakan lensa macro, tetapi saat ini telah banyak lensa macro portabel untuk tambahan pada ponselmu, dengan harga yang tidak mahal sekitar Rp.50.000 s/d Rp.100.000 kita bisa mendapatkan gambar jarak dekat suatu objek dengan detail menabjubkan, saat ingin mengambil gambar jarak dekat dengan ponsel, biasanya ponsel sulit memfokuskan pada objek utama, maka aturlah fokus dengan cara memaju dan mundurkan ponsel Anda.

4. Letakan Objek Utama Tidak Selalu ditengah
Menggunakan kamera ponsel biasanya kita mengambil objek utama ditengah frame, cobalah kreatif dengan meletakan objek pada bagian kanan atau kiri frame, agar pemandangan yang kamu abadika akan terlihat optimal dan lebih memiliki unsur fotografi yang berkelas.

5. Hindari Zooming
Zooming dengan kamera SLR dan lensa tele akan membuat efek yang blur yang sangat menarik, tetapi tidak dengan kamera ponselmu. Zooming akan membuat gambarmu menjadi terlihat pecah dan banyak noise. Jadi haram hukumnya memakai zoom bila ingin memotret dengan kualitas profesional melalui ponsel.

6. Shoot First, Effect Later!
Beberapa aplikasi banyak dibuat untuk langsung memperlihatkan efeknya saat kamu mengambil gambar dengan ponsel, hal bukanlah tidak boleh, tetapi akan lebih bagus bila kamu memberi efek pada gambar yang masih mentah, karena denga gambar yang masih mentah kamu akan lebih bebas dan lebih banyak efek yang dapat kamu pilih yang paling cocok dengan hasil jepretanmu.


7. Bersihkan Lensa Kamera
Kadang kita lupa hal sederhana ini, yaitu mengapa gambar dari foto kamera kita tidak sebagus saat pertama dibeli? Jawabannya sederhana, kaca penutup lensa Anda kotor, lihat dan bersihkanlah, maka kamu siap menjepret lebih banyak gambar yang jernih.

Bagaiamana teman-teman tips dan trick dari Tyler Stableford yang merupakan Fotografer kelas dunia dan dipadukan dengan trick fotografi dengan ponsel. Patut dicoba kan? jadi selain mengabadikan foto yang kita ambil, foto yang kita ambil akan terlihat lebih bagus 😀 Mari sama-sama mencobanya dan mengoptimalkan kemampuan gadget kita ini 😀

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here