Penggunaan smartphone bagi sebagian orang bisa saja merupakan sebuah gaya hidup. Namun bagi pebisnis, termasuk pengusaha UKM, tentu smartphone harus juga bermampaat bagi pengembangan usahanya. Tentu keberadaan smartphone akan banyak berguna bila samrtphone ini diinstal aplikasi-aplikasi yang bermampaat bagi bisnis, terutama dalam menembus pasar online. 
Nah, kali ini selama 5 menit anda sudah bisa membuat toko online usaha anda dengan memampaatkan smartphone. Dalam 5 menit ini kita akan berbagi mengenai sebuah aplikasi android YukBisnis yang bisa dimampaatkan secara maksimal untuk jualan produk UKM di pasar online. Aplikasi ini dapat anda instal melalui Google Play secara free alias gratisan..
Sebelum membahas mengenai aplikasi tersebut, kita ingin perkenalkan dulu nih apa sih YukBisnis itu ? Nah, YukBisnis ini merupakan salah satu marketplace, mall tempat jualan online yang digagas oleh mas Jaya Setiabudi (Twitter @JayaYEA). Marketplace ini awalnya berbasis website dan bisa diakses di www.YukBisnis.com. Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh marketplace ini adalah support pengembangan bisnis berbasis komunitas.

 

Namun dalam perkembangannya juga dikembangkan dalam bentuk aplikasi menyesuaikan dengan perkembangan dunia digital. Nah salahsatunya adalah aplikasi berbasis android dengan nama sama “YukBisnis
Untuk informasi lebih lengkap mengenai marketplace YukBisnis ini silahkan tanya mbah google aja ya. Nah, sekarang kita mulai 5 langkah memampaatkan aplikasi ini untuk bisnis online kit.
1. Instal aplikasi “YukBisnis” ini di samrtphone anda yang berbasis android  melalui Google Play. Ukuran aplikasinya relatif kecil kok cuman 1,64 MB.
2. Setelah terpasang, kemudian buka aplikasi ini. Anda akan melihat tampilan dibawah ini. Bila anda belum pernah membuat akun di YukBisnis.com, silahkan klik tulisan “Yuk Daftar”. Kemudian akan tampil form isian pendaftaran akun YukBisnis. 

Yang perlu diperhatikan pada saat mengisi form pendaftaran ini adalah :
a. Nama Bisnis. Isi dengan nama bisnis yang mudah diingat. Nama bisnis ini akan menjadi username saat anda login nanti dan juga menjadi alamat subdomain toko online anda –>> NamaBisnis.YukBisnis.com
b. Isikan dengan data yang benar, terutama alamat email. Karena nanti anda akan diminta konfirmasi pembuatan akun toko online anda ini via email anda tersebut. Seperti contoh dibawah ini.

4. Setelah anda mengkonfirmasikan email diatas, silahkan anda login akun anda. ingat akun anda adalah “NamaBisnisanda.YukBisnis.com”, bukan alamat email anda. inilah menu tampilan untuk mengelola toko online anda.

Anda juga bisa melakukan editing profil anda melalui menu pengaturan. juga mengubah foto profil anda yang asalnya panda menjadi foto/logo yang anda kehendaki.

5. Sudah jadi deh toko online anda. silahkan buka toko anda via browser. Untuk informasi lebih lanjut mengenai bagaimana meng-upload produk bahkan mendapat mentoring dari pakar bisnis Mas Jaya Setiabudi, silahkan klik disini ya..

Semoga bermampaat ya… Sukses selalu untuk bisnis anda..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here