Mudik sebagai salah satu Travelling rutin orang Indonesia
Travelling, siapa orang yang tidak suka travelling? Mungkin ada beberapa orang yang tak suka travellig bukan sepenuhnya karena ketidaksukaan keluar rumah, tapi ketidaksukaan itu bisa didasarkan dompet tipis karena dihabisin buat beli pulsa, paket hemat ala indosat mungkin bisa jadi jalan untuk menyelesaikan masalah tersebut supaya lebih hemat. 
Nyambung lagi kemari, dibawah ini ada tips dan trik bagi kalian yang suka jalan-jalan. Jangan sedih jika tak punya kamera digital atau SLR kita bisa memanfaatkan kamera handphone, jangan cemas kalau tak punya kompas. Cukup dengan smartphone semuanya bisa teratasi dan bisa travel tanpa harus bawa barang banyak. 
Lets Go Guys ! Pertama pastikan kalau smartphone kita ada pada keadaan full charge, tapi tak perlu khawatir kalau seandainya ada di keadaan low, kita bisa bawa batrei cadangan, portable powewr bank dll. Don’t be sad 
Beberapa aplikasi mungkin akan sangat penting untuk memperlancar bepergiaan, Karena ketika berada di alam terbuka, kita memerlukan pengetahuan dan ilmu-ilmu khusus untuk memudahkan perjalanan, hingga menyiapkan perbekalan sampai ke tempat tujuan. 
Pertama, yang harus disiapkan adalah kompas, atau penunjuk arah. Aplikasi satu ini penting ada dalam smartphone, karena bertujuan untuk menentukan arah, terutama jika kita tersesat. Aplikasi seperti ini banyak sekali yang bisa kita unduh di google play store. 
Yang kedua adalah jadwal waktu solat. Untuk yang beragama muslim, jadwal waktu solat juga harus ada dalam smartphone, karena dengan adanya jadwal waktu solat kita akan mengetahui kapan waktu solat tiba. Biasanya suka di ingatkan dengan suara adzan. Aplikasi inipun kita bisa dapatkan di google play store, contohnya saja aplikasi “waktu solat”, di aplikasi ini bukan hanya bisa tahu jam berapa waktu solat tiba tapi kita juga bisa tau kemana arah kiblat. Jadi, kita tak perlu khawatir tak tau mana arah kiblat. 
Yang ketiga, kalau misalnya kita akan bepergian jauh sedangkan kita tak sempat untuk berhenti dulu untuk istirahat atau solat, kita bisa menjama’ solat kita. Kalau tidak tahu caranya kita bisa mengunduh salah satu aplikasi yang biasanya digunakan pada smartphone misalnya panduan solat jama. Aplikasi tersebut bisa kita temukan di google play store. Setelah ketiga aplikasi tersebut kita unduh dan siap di gunakan maka aplikasi yang tak kalah penting kita siapakan adalah my tracks. Aplikasi ini berfungsi sebagai perekam trek GPS yang kita tempuh. Menariknya, aplikasi ini bisa di sharing ke teman. Dengan adanya sensor GPS pada Android, aplikasi ini dapat menampilkan kecepatan, elevasi, waktu dan jarak tempuh. 
Tidak semua tempat yang kita jelajahi dapat menangkap sinyal, tapi dengan memakai kartu Indosat khususnya IM3 masalah itu bisa teratasi, karena saya memakai provider tersebut setiap bepergiaan. Alhasil, selalu menemukan sinyal yang kuat. Tak enak rasanya kalau kita sedang travelling tanpa mengabadikan tempat yang kita kunjungi, maka kameralah yang berperan penting dalam berpergian. 
Kita bisa menggunakan kamera smartphone kita yang tak kalah canggih, mungkin dengan memakai aplikasi panorama 360 memungkinkan kita bisa mengambil gambar 360 derajat, hanya dengan memutar dasar smartphone. Kelebihan lainnya, kita juga bisa berbagi hasil foto dengan sesama pengguna aplikasi ini. Foto-foto hasil bidikan pun dapat dibagikan melalui jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter. 
Dan yang tak lah pentingnya adalah kita harus mempunyai petunjuk arah All Trails. Aplikasi ini menawarkan database peta online terlengkap. kita bisa mengakses lebih dari 40 ribu panduan jejak untuk segala rute, mulai dari hiking, bersepeda gunung, dan memancing. Oh iia jangan lupa harus ada informasi perkiraan cuaca, maka kita juga harus mengunduh perkiraan iklim cuaca supaya kita bisa berjaga-jaga kalau seandainya pada saat kita travel cuacanya akan kurang bagus. Sekian tips dan trik nya, semoga bermanfaat, sebelum berangkat travel mandi dulu iia 