Siapa yang tidak kenal dengan Pantai Palabuhan Ratu terutama mitosnya seputar Ratu Penguasa Pantai Selatan bernama Nyi Roro Kidul. Tentu saja mendengar nama Palabuhan Ratu tidak akan pernah lepas dari yang namanya legenda wanita cantik penguasa pantai selatan yang konon kerap berbusana hijau ini.

Namun tahukah anda keberadaan sebuah wihara yang sangat indah sekali di Palabuhan Ratu, tepatnya di sebuah daerah bernama pantai loji ?. Sejatinya sebuah tempat peribadatan etnis tionghoa yang bernama Vihara Nam Hai Kwan Se Im Pu Sa atau biasa dipanggil oleh masyarakat sekitar dengan sebutan Kuil Dewi Kwan Im ini adalah sama sekali bukan tempat berpariwisata, namun tidak sedikit para wisatawan yang berkunjung ke tempat ini untuk sekedar beristirahat ataupun berfoto – foto.

Vihara Nam Hai Kwan Se Im Pu Sa Palabuhan Ratu Sukabumi Pantai Loji

Vihara Nam Hai Kwan Se Im Pu Sa ini terletak disebuah desa kecil bernama Kertajaya atau Loji Kecamatan Simpenan Palabuhan Ratu Kabupaten Sukabumi. Lokasinya yang terbilang jauh dari pusat kota palabuhan ratu yakni kurang lebih 8 Km, serta akses jalan yang jelek mengakibatkan lokasi ini belum begitu dikenal dan diberdayakan secara maksimal oleh pemerintah daerah palabuhan ratu, meskipun pada kenyataannya hari libur tahun kemarin terdapat beberapa portal penagihan karcis dadakan bagi wisatawan yang akan berkunjung ke lokasi Vihara Nam Hai Kwan Se Im Pu Sa ini.

Disepanjang jalan menuju Vihara Nam Hai Kwan Se Im Pu Sa anda akan melewati beberapa pantai yang indah, diantaranya adalah pantai Cipunaga. Ada yang menarik dari Pantai ini, yakni terdapat banyak karang – karang besar yang memiliki nama tersendiri seperti karang kecil, karang besar, karang perahu, karang bolong, dan karang merah. Tak heran apabila Pantai ini kerap dijadikan lokasi berfoto untuk Prewedding dan lain sebagainya, mengingat kondisi pantainya yang indah dan jauh lebih bersih dari pantai – pantai lain di palabuhan ratu.
Berdiri diatas sebuah bukit landai yang menghadap langsung ke Laut lepas, Vihara Nam Hai Kwan Se Im Pu Sa ini akan menjadi tempat yang cocok untuk menyegarkan fikiran disela – sela kepenatan rutinitas kerja.
Berbeda dengan lokasi – lokasi pariwisata lain di Palabuhan Ratu, Vihara Nam Hai Kwan Se Im Pu Sa ini belum begitu ramai serta sangat sejuk dan nyaman.

Vihara Nam Hai Kwan Se Im Pu Sa Palabuhan Ratu Sukabumi Pantai Loji

Ketika memasuki gerbang Vihara Nam Hai Kwan Se Im Pu Sa, terdapat dua buah naga berkepala tujuh. Dibagian puncak dari kuil ini terdapat patung dewi kwan in, dan dari sinilah anda akan mendapatkan the best view untuk dapat melihat hamparan laut biru yang luas nan indah menawan tanpa ada penghalang sedikitpun.
Konon menurut kabar, ada satu hal aneh yang terjadi di lokasi ini, dimana tidak ada satu orangpun yang dapat menghitung jumlah pasti dari anak tangga yang terdapat di Vihara Nam Hai Kwan Se Im Pu Sa. hm… Apakah anda bersedia menghitungnya … !!

Vihara Nam Hai Kwan Se Im Pu Sa Palabuhan Ratu Sukabumi Pantai Loji

Jadi tidak ada salahnya bagi anda yang hendak berkunjung ke Palabuhan Ratu untuk mampir ke Vihara Nam Hai Kwan Se Im Pu Sa. Dan apabila anda hendak berlama – lama disini, maka tidak perlu khawatir kebingungan mencari penginapan karena dilokasi ini disediakan kamar – kamar yang disewakan dengan harga yang bervariasi.