Dimanakah liburan santai di Sukabumi? Buat kalian yang baru saja menginjakan kaki ke Kota Sukabumi untuk mengisi liburan akhir tahun serta liburan semester anak Sekolahan, tak ada salahnya mencoba liburan santai yang akan kuncen review di edisi liburan ini. 
Liburan kali ini tak perlu repot banyak tempat, cukup satu lokasi, maka kalian akan mendapatkan suguhan wisata yang lengkap dan terjangkau tentunya. Suasananya yang asri, memberikan rasa damai serta sejenak melepas penat setelah harihari kerja menemani.
Kawasan Wisata yang kuncen maksud adalah Kawasan Wisata Situ Gunung. Berlokasi di Kecamatan Kadudampit Kabupaten Sukabumi, dari jalan utama Bogor – Sukabumi, ketika sampai di alun-alun Cisaat depan Mesjid Kaum, beloklah kita ke arah kiri jalan samping Polisi Sektor Cisaat. Dari belokan itu kita menempuh jalan kecil yang memerlukan sedikit kesabaran karena masih banyak rusak disana-sini kecuali ketika memasuki kawasan Wisata Cinumpang hingga Situ Gunung jalan sudah diperbaiki hotmix yang bagus.
Situ Gunung  (Foto Koleksi Pribadi)
http://iyawsi.blogspot.com/2010/05/tanakita-campsite.html
http://karungboy.blogspot.com/2011/07/objek-wisata-di-sukabumi-yang-aku-tau.html
Ada apakah sekarang disana? Kayaknya masih seperti dulu aja yah ^_^. Baiklah kuncen akan ceritakan apa aja yang bisa nikmatin disana. Di satu lokasi yang lengkap itu yang pasti ada sebuah danau yang bernama Situ Gunung, kemudian apabila kita lurus kita akan menemukan Air Terjun Curug Sawer yang exotic. Setelah pintu Gerbang jangan lupa ada Camp Mewah standar bintang 3 bernama Rakata Camp. Lalu, beberapa meter sebelum parkiran ke Situ Gunung, di sebelah kiri terdapat arena plyingfox yang menangtang bisa anda coba. Dan sebelum pintu Gerbang ada beberapa villa yang bisa di sewa untuk menikmati bermalam di Atas Gunung yang kadang tibatiba turun kabut tebal membuat jarak pandang sangat pendek.

http://blog.galihsatria.com/2007/12/16/membuat-foto-liburan/
Kegiatan Berlibur di sisi Danau Situ Gunung
Situ Gunung  (Foto Koleksi Pribadi)
Di Situ Gunung ngapain aja sih? Nah, setelah kita memarkirkan kendaraan baik itu mobil maupun motor, maka kita akan berjalan menyusuri hutan yang dingin dengan jalan berbatu yang sedikit licin bila hujan dan kontur yang menurun hingga terlihat padang rumput yang asik untuk duduk-duduk santai sambil menikmati pandangan Danau yang jernih. Jangan lupa, bawalah makan siang bila kalian ingin menikmati “botram” bersama keluarga atau pasangan anda. Bila anda tak sempat, boleh membeli makanan yang sudah tersedia seperti bakso, jagung bakar dan mie rebus, atau juga gorengan hangat yang cepat sekali menjadi dingin walau baru diangkat dari penggorengan karena cuaca yang dingin. 
Bila ingin menikmati danau, kalian bisa juga memutarinya menggunakan perahu yang tersedia, sat putaran per orang akan ditagih sebesar Rp. 7000,00 yang akan dipandu 2 orang pengayuh bila penumpang sedikit, atau ketika penumpang penuh, kalian hanya ditemani seorang pengayuh yang handal memutari “pulau” kecil tengah danau. Ada juga rombongan yang dikoordinir guide menggunakan Danau sebagai ajang lomba mengayuh diatas ban yang sudah dimodifikasi seperti sekoci. Untuk yang hobby foto-foto tentunya bisa mencoba berbagai fose disini, atau mengabadikan moment ketika tibatiba kabut menutupi situ hingga yang terlihat hanya kabut putih tipis menutupi hutan dan danau.
Dengan tarif masuk yang masih terjangkau, rasanya lengkap sudah lokasi wisata alam ini. Bila kalian dating dari pagi, bisa lah menikmatinya hingga sore turun dan dingin menyergap tubuh yang harusnya sudah dipersiapkan jaket untuk membalutinya. Wisata yang cocok banget untuk keluarga, rombongan perusahaan yang sedang melaksanakan outing, atau pasangan muda-mudi yang ingin memadukasih dan mengisi liburan bersama di saat wiken.
Jadi, selamat menikmati liburan yang di selimuti kabut teman, selamat menikmati indahnya Alam Sukabumi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here