Polusi akibat Kendaraan memang sudah menjadi bagian akibat dari sebuah kemajuan Kota, tak terkecuali di Sukabumi diberbagai tempat yang mulai padat, sudah mulai dirasakan kualitas udara mulai menurun dan tidak segar lagi. 

Jalan Siliwangi di PalabuhanRatu yang merupakan salahsatu jalan padat kendaraan menjadi penyumbang polusi udara itu melalui pembuangan hasil pembakaran berbagai jenis kendaraan. Kota Sukabumi terbagi menjadi beberapa titik yang mencoba di sterilkan pada jam-jam tertentu untuk bebas dari Asap kendaraan seperti Jl R Syamsudin yang melalui BaleKota salahsatunya, Jalur Dua yang disana ada calon Terminal Besar salah satu lajur jalan juga, dijadikan lokasi Car Free Day untuk kegiatan masyarakat untuk mencintai bumi dengan membebaskan polusi dijam-jam tertentu.

Adanya Car Free Day area ternyata tidak hanya menghasilkan tujuan pengurangan polusi, public mulai mendapatkan tempat yang sudah mulai berkurang persentasenya di sebuah kota. Komunitas pun mendapatkan lokasi untuk menggelar eksistensinya di masyarakat. Media dan penggiat hiburan bisa berbagi keceriaan di sana setiap hari minggu.
Ajang berolahraga santai juga pilihan menarik untuk sekedar jalan santai, senam dan bersepeda di lokasi hari bebas kendaraan.