Dari kemaren sore sampai jam 10 malam (17/01/2012), timeline twitter saya @KangEndud dibanjiri dengan tweet dari @SrudukFollow. Walaupun pada awalnya sedikit mengganggu namun akhirnya saya jadikan sumber inspirasi saja. Kebetulan kemaren malem itu memang saya punya target mendapatkan 3 ide buat mengasah kreatifitas saya sudah mulai tumpul.
Sebagaimana anda tahu, @SrudukFollow atau #SrudukFollow adalah salahsatu gerakan bersama –kalo boleh dibilang begitu– yang diikuti oleh para pengguna twitter untuk menambah jaringan follower mereka. Banyak sekali pengguna twitter yang tergabung dalam gerakan ini. Hal ini selain untuk menjalin sahabat, jaringan maupun follower mereka juga biasanya berhubungan dengan pengembangan bisnis para pengguna twitter tersebut. Antar sesama srudukers bahkan saling membantu mempromosikan dan merekomendasikan.
Ada beberapa hal yang menarik bila mengikuti tweet @SrudukFollow atau anggotanya, terutama soal follow dan folbek diantara pengguna akun twitter tersebut. Seringkali saya membaca tweet kejengkelan para srudukers ini saat mem-follow suatu akun twitter tertentu, tapi si empunya akun tersebut tidak juga melakukan folbek. Atau juga ketika ada suatu akun yang me-unfollow para srudukers ini sering saya melihat kegaduhan yang pada akhirnya memunculkan adanya akun @PolisiSruduk.
Disisi lain pengguna media sosial Twitter ternyata bukan saja orang-perorang yang hanya pengen dirinya eksis, tapi juga banyak dimampaatkan guna kepentingan bisnis komersial. Dengan kata lain, Twitter bukan saja sebagai media sosial tapi juga media bisnis dan marketing produk. Fenomena Kripik Ma Icih barangkali bisa menggambarkan mengenai Twitter yang dimampaatkan guna kepentingan bisnis. 
Bila kita kaitkan dalam kontek membangun jejaring bisnis dan gerakan #SrudukFollow ini, saya melihat masih adanya kesulitan dan keterbatasan. Membutuhkan waktu yang lama dan juga energi yang cukup bagi para pengelola/admin suatu produk/institusi bisnis untuk dapat memiliki follower yang banyak biar tweet mereka bisa didengar dan terdistribusi dengan baik.
Nah, Prolognya cukup sampai disitu ya.. Bila ada yang salah soal persepsi saya ini mohon kiranya ada yang koreksi via komentar ya…
**** My IDEA ****    >> Bikin Aplikasi @KontakBisnis Bagi Pengguna Twitter <<
Ide saya ini adalah pengembangan dari idenya para penggiat #SrudukFollow. Saya akan memberikan sentuhan inovasi bagi kemampaatan yang lebih memudahkan para pengguna twitter. Kalo dalam teknis #SrudukFollow dilakukan konvensional dalam sistem twitter sendiri, nah inovasi ini dilakukan dalam bentuk aplikasi tersendiri (diluar twitter) seperti aplikasi Tweetdeck yang terkenal dan dilakukan dalam tampilan web seperti tuitwit.com.
Aplikasi ini saya gagas sebagai Aplikasi @KontakBisnis on Twitter.  Dimana aplikasi ini hanya ditujukan bagi pemilik akun Twitter yang berorientasi bagi pengembangan bisnis/produk tertentu. Aplikasi ini dibuat guna memudahkan dalam menjalin hubungan bisnis antar para pengelola akun twitter. Sehingga para pengelola akun twitter tersebut bisa lebih fokus mengelola brand dan program marketing mereka, karena soal pengembangan jejaring bisnis di twitternya diambil-alih secara otomatis oleh aplikasi @KontakBisnis ini.
Secara umum tampilan antar-muka web aplikasi ini menampilkan fitur-fitur standard dari Twitter seperti Timeline, form untuk menulis tweet dan ficture, re-tweet, balas, direct message (DM) dan lain-lain. Penambahan fitur hanyalah dalam konteks untuk memudahkan pengguna dalam membangun jaringan follower mereka. Dimana pengguna aplikasi dapat melakukan aktifitas follow dan folbek secara otomatis melalui fitur sinkronisasi. Pengguna aplikasi, yang notabene adalah pengguna twitter, tidak melakukan kegiatan follow akun twitter lain secara konvensional satu-demi satu, tapi akan secara otomatis melakukan follow ke akun twitter yang juga menggunakan aplikasi @KontakBisnis ini. Begitu juga dengan kegiatan follow-back (Folbek). Dengan sekali klik, pengguna aplikasi ini akan secara otomatis mem-folbek akun twitter yang mem-follow-nya.
Guna meminimalisir ketidakefektifan dan ketidakefisienan dari jejaring yang dibangun secara otomatis oleh aplikasi ini, maka akan dilakukan pengkategorian akun berdasarkan wilayah pengguna aplikasi, bidang bisnis mereka serta minat jaringan yang ingin dibangun. Pengkategorian ini akan dilakukan secara otomatis oleh aplikasi ini. Hal ini dilakukan pada saat seseorang pengguna twitter akan bergabung untuk memampaatkan aplikasi @KontakBisnis ini. Pada kali pertama pengguna aplikasi akan diminta mengisi database profil pengguna, dimana data yang diisikan bersifat permanen dan tidak dapat dilakukan perubahan (diedit).
Dengan sistem kategorisasi ini, maka pengguna aplikasi @KontakBisnis hanya akan mem-follow akun twitter yang memiliki kesamaan wilayah domisili saja (kota, provinsi atau negara) atau kesamaan minat jaringan yang dituju saja.
**** Realisasi IDE ****    >> Sedang Proses Pemrograman Aplikasi <<
Ide ini walaupun baru tadi malam baru digagas, ternyata pagi ini sudah aya yang respon untuk kerjasama pemrograman aplikasinya. Karenanya saya tidak sungkan-sungkan untuk menuliskan ide ini disini.
Ditargetkan pada awal April 2012 aplikasi ini sudah dirilis dan dapat dipergunakan secara GRATIS oleh khalayak pada umumny, baik digunakan secara komersial maupun non-komersial. Ditunggu saja ya… Kita pengennya sih sebelum bulan April kita sudah launching versi beta-nya dulu. Nah supaya engga ketinggalan informasi update soal aplikasi ini, silahkan rekan-rekan follow akun official twitter kami di : @KontakBisnis 
Doain ya biar progres pemrograman aplikasi ini diberikan kelancaran dan tidak ada hambatan apapun. Bagi yang mau kasih saran, kritik, cemoohan, hujatan, dll silahkan komen sebanyak-banyaknya ya…

Disadur dari Blog @KangEndud