ilustrasi By. pkbmbilmi.wordpress.com

Belut adalah sekelompok ikan berbentuk mirip ular yang termasuk dalam suku Synbranchidae. Suku ini terdiri dari empat genera dengan total 20 jenis. Jenis-jenisnya banyak yang belum diperikan dengan lengkap sehingga angka-angka itu dapat berubah. Anggotanya bersifat pantropis (ditemukan di semua daerah tropika).

Belut berbeda dengan sidat, yang sering dipertukarkan. Ikan ini boleh dikatakan tidak memiliki sirip, kecuali sirip ekor yang juga tereduksi, sementara sidat masih memiliki sirip yang jelas. Ciri khas belut yang lain adalah tidak bersisik (atau hanya sedikit), dapat bernafas dari udara, bukaan insang sempit, tidak memiliki kantung renang dan tulang rusuk. Belut praktis merupakan hewan air darat, sementara kebanyakan sidat hidup di laut meski ada pula yang di air tawar. Mata belut kebanyakan tidak berfungsi baik; jenis-jenis yang tinggal di gua malahan buta.
Ukuran tubuh bervariasi. Monopterus indicus hanya berukuran 8,5 cm, sementara belut marmer Synbranchus marmoratus diketahui dapat mencapai 1,5m.Belut sawah sendiri, yang biasa dijumpai di sawah dan dijual untuk dimakan, dapat mencapai panjang sekitar 1m (dalam bahasa Betawi disebut moa).
Kebanyakan belut tidak suka berenang dan lebih suka bersembunyi di dalam lumpur. Semua belut adalah pemangsa. Daftar mangsanya biasanya hewan-hewan kecil di rawa atau sungai, seperti ikankatakserangga, serta krustasea kecil.
Ikan belut ini sangat disukai oleh banyak kalangan, terutama warga jepang, korea, dan beberapa  negara tetangga di Asia, Indonesia merupakan Negara penghasil belut  terbaik di Asia, warga Sukabumi   berbangga hati karena centra belut di Indonesia salah satunya terdapat di daerah  Tugu Kecamatan Sukaraja Kabupaten Sukabumi, sebut saja Hj. Komalasari salah satu penggagas usaha bididaya belut  dengan sistem organik, beliau mengatakan ” usaha belut  dari proses budidaya sampai pembuatan olahan bergabagi macam hidangan sangatlah efektif, mengapa demikian, kerena dengan adanya usaha ini bisa mengurangi angka pengangguran yang berada di daerahnya, usaha budidaya belut ini sudah mencapai pasar Asia terutama Negara Jepang dan negara tetangga, usaha belut ini bisa mengangkat nama baik daerah.

Daftar Pustaka :
Wikipedia.org
Wawancara langsung dengan narasumber

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here