Haris Maulana Blog : Jika ingin kemping tanpa repot, cobalah untuk berkemah di Tanakita 5 Stars Camp di Situ Gunung, Sukabumi. Kita tidak perlu membawa tenda dengan segala kerepotannya, cukup membawa diri saja karena semua fasilitas sudah disediakan ditempat ini, mulai dari tenda, makanan dan toilet. Termasuk atraksi wisata seperti outbound, tubing, mengunjungi danau dan air terjun Curug Sawer.

Tanakita 5 Stars Camp

Tanakita 5 Stars Camp yang dikelola oleh Rakata Adeventure ini dapat ditempuh dari Jakarta kurang lebih 3 jam. Patokannya dari Polres Cisaat belok kiri kurang lebih 1/2 jam kita sudah sampai di lokasi. Dapat juga menggunakan kereta api dari Stasiun Bogor setiap hari jam 17.00 dengan tarif Rp 8.000,- turun di Stasiun Cisaat lalu dilanjut dengan menggunakan ojeg dengan tarif Rp 15.000,-

Camping Ground

Suasana pegunungan sudah terasa saat memasuki kawasan ini yang lokasi bersebalahan dengan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Kabut dan dingin sudah menjadi khas suasana alam disini. Namun jangan khawatir didalam tenda sudah disediakan spring bed yang nyaman lengkap dengan sleeping bag untuk mengusir dingin.
Segelas teh hangat sudah tersaji saat kita datang ke tempat ini, ada juga kopi, bajigur dan makanan ringan khas seperti combro dan pisang goreng yang masih panas. Fresh from the oven. Untuk makanan berat disajikan juga makanan khas sunda seperti sayur asem, teri kacang, ikan bakar dan menu special nasi bancakan berupa makan bersama yang disajikan dengan daun pisang dengan menu nasi liwet, ikan asin, empal, sambel dan aneka makanan khas sunda lainnya.
Pagi hari kita bisa berwisata ke danau Situ Gunung yang dapat ditempuh dalam waktu 15 menit berjalan kaki, atau bisa juga mengunjungi air terjun Curug Sawer yang ditempuh selama 40 menit. Ada juga berbagai atraksi outbound dari meniti tali sampai flying fox. Dan yang paling seru adalah Tubing di Sungai Cigunung.

Curug Sawer di Situ Gunung

Tubing adalah atraksi menggunakan ban dalam, seperti arung jeram namun sendirian. Kita dilepas menyusuri sungai kecil Cigunung yang berdiameter berkisar antara 5-7 meter.  Atraksi berlangsung selama satu jam dengan jeram mulai dari yang mudah hingga membuat ban terbalik. Namun aman karena kita menggunakan helm dan foot protector.

Tubing di Sungai Cigunung

Rasanya badan dan fikiran terasa fresh setelah kemping selama 2 hari 2 malam di Tanakita, rasa penat langsung hilang. Silahkan coba!
Sumber : Kompasiana , Penulis : Harris Maulana Foto : Website TanaKita dan 1 Koleksi Pribadi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here