Gerhana Bulan (foto wikipedia)
Menjelang gerhana Bulan Total, masyarakat Sukabumi laksanakan Shalat Gerhana. Menurut pantauan SukabumiToday terdengar alunan takbir dari berbagai mesjid di Kota Sukabumi. Masyarakat juga berduyun-duyun menuju masjid terdekat untuk shalat Gerhana yang rencananya akan dilaksanakan pukul 21.00 WIb.
Menurut Wikipedia, Gerhana bulan terjadi saat sebagian atau keseluruhan penampang bulan tertutup oleh bayangan bumi. Itu terjadi bila bumi berada di antara matahari dan bulan pada satu garis lurus yang sama, sehingga sinar matahari tidak dapat mencapai bulan karena terhalangi oleh bumi. (http://id.wikipedia.org/wiki/Gerhana_bulan ) Gerhana bulan dapat diamati dengan mata telanjang dan tidak berbahaya sama sekali.

“Gerhana bulan diawali dengan gerhana bulan penumbra pada pukul 18.34 WIB,” ujar Astronom dari Institut Teknik Bandung (ITB), Moeji Raharto, Sabtu (10/12) pada Republika. Gerhana bulan penumbra adalah ketika sorot cahaya ke bulan dari matahari tidak 100 persen. 

Ketika gerhana bulan sedang berlangsung, umat Islam yang melihat atau mengetahui gerhana tersebut disunnahkan untuk melakukan salat gerhana bulan (salat khusuf). Untuk itu beberapa mesjid mengumumkan pelaksanaan Salat Khusuf ini mulai jam 21.00 dan menurut pantauan SukabumiToday, sejak jam 20.00 warga sudah mulai ramai menuju Mesjid terdekat.

Kenapa dianjurkan Shalat Gerhana ?
Dari Wikipedia, Hadist yang mendasari Shalat Gerhana sebagai berikut :

“Telah terjadi gerhana matahari pada hari wafatnya Ibrahim putra Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam. Berkatalah manusia: Telah terjadi gerhana matahari karana wafatnya Ibrahim. Maka bersabdalah Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam “Bahwasanya matahari dan bulan adalah dua tanda dari tanda-tanda kebesaran Allah. Allah mempertakutkan hamba-hambaNya dengan keduanya. Matahari gerhana, bukanlah kerana matinya seseorang atau lahirnya. Maka apabila kamu melihat yang demikian, maka hendaklah kamu salat dan berdoa sehingga selesai gerhana.”(HR. Bukhari & Muslim).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here