Sebagai satu-satunya daerah yang mendapat Program Neighborhood Development (ND) di kabupaten-kota Sukabumi, Kelurahan Surade kini tengah berbenah. perjalanan ND di Surade sendiri telah berlangsung sejak 2010. saat ini Kelurahan Surade bisa dikatakan satu-satunya wilayah yang telah memiliki perencanaan kawasan jangka panjang dengan berbasis aturan bersama dari masyarakatnya.
“Surade, Gapura Wisata Pakidulan”, itulah Branding Surade hasil rumusan warga.
Menurut Koordinator Badan Keswadayaan Masyarakat Baitul Amanah, E. Syarifudin, makna dari Branding tersebut adalah, sebagai kawasan paling berkembang di wilayah Sukabumi Selatan Surade sangat tepat menjadi kota pelayan pariwisata di pakidulan yang terkenal memiliki objek wisata yang sangat banyak dan beragam. Diharapkan Brand ini menjadi stimulan bagi warga surade untuk berkarya lebih kreatif guna mendukung industri pariwisata di pakidulan yang tumbuh sangat pesat.
Kelurahan Surade sendiri memiliki objek wisata alam yang sedang dikembangkan, yaitu kawasan wisata curuh luhur, Batusuhunan. melalui program ND, kawasan ini dikembangkan sesuai keinginan warga setempat sebagai kawasan wisata religius. meski baru ditata sekitar 20% dari perencanaan ND, namun sudah terlihat perkembangan yang sangat positif dari objek wisata ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here