Bupati Sukabumi – (web kabupatensukabumi.go.id)

Sudah tahu tentang Peraturan Bupati Sukabumi no 33 tahun 2008? untuk para siswa mungkin sudah tau karena sering di ulang di saat Upacara bendera atau mungkin ada sosilasisai khusus tentang peraturan ini. Perbup yang sejak tahun 2008 ini sudah bergulir, sampai tahun 2011 ini ternyata belum efektif pelaksanaannya.

Salah satu fakta belum terlaksananya Pelaksanaan dari Perbup ini di laporkan oleh Ranti Nuarita di Koran Anak Online Suaka :
Pada tahun 2008, Bupati Sukabumi mengeluarkan Peraturan Bupati no 33 tahun 2008 yang berhubungan dengan pelaksanaan Ajaran Islam. Salah satu peraturan itu di khususkan untuk murid – murid setara SMP dan SMA yaitu diharuskan Shalat Berjamaah di Sekolah.
Namun, hal ini tidak dapat terlaksana di SMPN 1 Bojonggenteng karena ketidaktersediaannya air untuk berwudhu. Meskipun murid – murid di SMP ingin shalat berjamaah, tapi karena tidak adanya fasilitias air, sehingga menyebabkan murid SMPN 1 Bojonggenteng tidak bisa melaksanakan perbup tersebut.
Salah Satu guru di Sekolah kami Drs Ajat Sudrajat, sudah mengajukan permintaan ke PDAM agar Sekolah Di aliri air, tapi karena sekolah kami termasuk perdalaman jadi tidak ada sambungan ke PDAM. Hal ini  mengakibatkan pelaksanaan Shalat Berjamaah sesuai ketentuan Perbup no 33 harus menunggu adanya sambungan air dari PDAM ke Sekolah kami.  

Peraturan Bupati Sukabumi no 33 tahun 2008 :

Peraturan Bupati (perbup) No. 33 tahun 2008 tentang sepuluh pembiasaan akhlak mulia di sekoah
1. Berbakti pada orang tua dan guru
2. Berbusana muslim
3. Memelihara adab belajar sesuai dengan tuntunan agama islam
    a. Membaca salam ketika masuk kelas
    b. Berdo`a diawal dan diakhir pelajaran
    c. Musopahah kepada guru
4. Membaca dan menghapal alqur`an
    a. Membaca AL-qur`an sebelum memulai pelajaran pertama secara berkesinambungan.
    b. Membaca Al- qur`an dan hadits sesuai setandar kompetensi dasar (SKKD) pada setiap mata pelajaran.
   c. Menghapal Al-quran sekurang kurangnya juz Amma, juz pertama dan juz kedua bagi SMP/MTs. Juz    Amma, uz pertama dan kedua bagi SMA/SMK/dan MA
5. Memelihara kebersihan diri dan lingkungan dengan melaksanakan kegiatan operasi bersih, baik dibimbingoleh guru maupun sendiri- sendiri
6. Mendirikan sholat fardu dan sunat
    a. Mendirikan sholat dhuha pada waktu kegiatan istirahat pertama.
  b. Mendirikan sholat dzuhur dan ashar berjamaah yang diteruskan dengan berdzikir bersama yang disesuaikan dengan pelaksanaa pembelajaran.
    c. Qiamul lail sekurang kurangnya dilaksanakan sekali dalam sebulan sesuai kondisi.
7. Melaksanakan ta`lim dan ceramah keagamaan diantaranya melibatkan unsur KAUA, MUI dan kiai atau ulama setempat minimal satukali dalam sebulan.
8. Terbiasa melaksanakan infaq sejak dini baik yang insidentilmauoun rutin melalui unit pengumpul zakat (UPZ) disetiap satuan pendidikan
9. Melaksanakan saum wajib dan saum sunat
10.“cinta tanah air” dengan melaksanakan kegiatan kegiatan untuk mewujudkan kecintaan terhadap tanah air diantaranya melalui kegiatan PRAMUKA IQOMAH dan kegiatan ekstra kurikuler dan b udaya islam lainya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here