Ilustrasi By. inibanda.blogspot.com 

“Ketinggian air laut semakin meningkat sedangkan daratan semakin menurun”, itulah yang menjadi  bincangan  warga Jakarta saat ini, ini menjadi  efek  bola salju bagi warga jakarta apabila tidak ditangani dengan serius, penurunan daratan di Jakarta semakin meningkat.

Menurut Prof Dr Safwan Hadi peneliti pada pusat Studi Oseanografi Fakultas Ilmu dan Teknologi Bandung, dari hasil pengukuran tahun 1925 -2003, permukaan air laut Jakarta selalu naik  setiap tahun, kenaikannya rata-rata 0,5 sentimeter (cm) per tahun. Sebaliknya, laju penurunan muka tanah Jakarta mencapai 5 cm hingga 12 cm per tahun di sejumlah titik selama tiga dekade terakhir.


Faktor penyebab
Berdasarkan pengamatan terjadinya Rob di Jakarta akibat dari penyusutan ruang hijau, penyedotan air tanah besar-besaran akibat tingginya kebutuhan konsumsi air bersih. Penyedotan air secara besar-besaran mengakibatkan lapisan tanah menurun.

Hal ini yang menyebabkan  kehawatiran warga Jakarta khususnya bagaian utara, yang setiap tahun selalu mengalami banjir Rob, lambat laun banjir Rob akan meluas ke daerah-daerah lain di Jakarta jika tidak ditanggulangi secara serius oleh Pemerintah yang berkerja sama dengan segenap elemen masyarakat.
kitsalamfish.blogspot.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here