Siang jam 12.00 saya di undang untuk berkunjung secara informal ke basecamp nya CS (Curug Sawer) Accesoris milik Babeh Iwan (atau kadang dipanggil om Gombloh) di Lokasi Wisata Cinumpang, Situ Gunung Cisaat kabupaten Sukabumi. Terakhir saya datang ke daerah ini yaitu tahun 1998 waktu Perkemahan Pramuka – PMR SMU N 1 Cibadak, sebuah kegiatan kemping antar organisasi ektra yang saya sukai waktu itu.
Di temani oleh Ketua BumiKreatif, Kang Endud Badrudin, SH saya mampir sebentar di Toko Babeh Iwan di depan terminal Wisata Cinumpang. Disambut dengan kopi dan obrolan hangat, sekitar 15 menit kemudian kita diajak langsung ke lokasi Air Terjun Curug Sawer. Dengan perjalanan mendaki, yang padahal ke lokasi bisa saja saya gunakan motor, atau kalo ngeri makenya bisa menggunakan jasa ojek sebesar 25.000 rupiah.
Lokasi yang masih alami, trek yang keren menyusuri jalan setapak dipinggiran bukit merupakan keasyikan tersendiri berpetualang di alam. Di pertengahan jalan menemukan Sebuah Warung, akhirnya kita jajan bala-bala dulu sambil menikmati teh panas yang diracik langsung dari teh hasil petik ibu warung dari Perkebunan TEH di sekitar Situ Gunung.
Sampai di Lokasi Air Terjun, ketakjuban hati terasa banget. Air terjun yang besar seakan gak ada habisnya, dan segarnya air seakan memaksa untuk mencoba mencicip air murni di sela batu di salah satu air terjun yang lebih kecil samping Curug Sawer, wow segarnya melebihi air minum Aqua dari Pegunungan di Ci Curug sana.
Kunjungan sengaja tidak terlalu lama karena takut perjalanan pulang terhambat oleh hujan, jadi setelah merasakan kesegaran air terjun, foto-foto dan sedikit bercengkerama dengan warga dan pemilik warung, kita kembali ke basecamp untuk menikmati sore dengan sepiring bala-bala, akses internet bersama laptop dan modem AHA yang kadang bagus kadang menyebalkan serta lantunan gending Bali yang dikolaborasikan dengan musik-musik daerah yang saya dapatkan dari kang dedi suhendra bisa dinikmati di sore penuh kenangan di Cinumpang.