Makhluk apa Itu Blog?


Blog merupakan singkatan dari “web log” yang artinya aplikasi web berdasarkan jurnal adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum.

Posting-posting tersebut seringkali dimuat dalam urutan secara terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web semacam itu biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Klo dah punya, buat apa?

Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam, dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kegiatan misal OSIS atau organisasi ekskul, sampai dengan program-program lembaga dan perusahaan-perusahaan.  Selain itu blog merupakan ajang eksistensi diri serta promosi atas kemampuan diri. Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal yang disebut Narablog (Blogger), sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis (misal SukabumiToday.Com). Banyak juga weblog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, yang dapat memperkenankan para pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga yang yang sebaliknya atau yang bersifat non-interaktif.

Situs-situs web yang saling berkaitan berkat weblog, atau secara total merupakan kumpulan weblog sering disebut sebagai blogosphere. Bilamana sebuah kumpulan gelombang aktivitas, informasi dan opini yang sangat besar berulang kali muncul untuk beberapa subyek  atau sangat kontroversial terjadi dalam blogosphere, maka hal itu sering disebut sebagai blogstorm atau badai blog.

Membuat Akun di Blogspot

Kelebihan dari blogspot terletak pada banyaknya template yang tersedia di jagad maya, banyak yang menggunakan sehingga apabila ada kesulitan banyak sumber yang bisa ditanyai. Lalu dari segi susunan, blogspot lebih kompatibel bagi para blogger pemula, lebih gampang, tidak harus mengerti bahasa pemrograman.

Step by step to be a blogger


Untuk memulai menjadi seorang blogger, maka perlu sebuah media dan kemauan untuk membuat blog. Dan yang paling penting adalah sedikit waktu dan dana untuk koneksi internet. So, here we go… Buka www.blogger.com, dan klik CIPTAKAN BLOG ANDA. Kemudian setelah tampil halaman ini, isikan data diri anda dengan lengkap.

Lalu, klik tombol Lanjutkan, dan isikan Judul Blog dan Alamat Blog (URL) yang anda kehendaki.  Setelah itu, klik kembali tombol Lanjutkan.


Dan akan muncul halaman selanjutnya yang akan digunakan untuk memilih skin template

Pilih dengan cara menandai lingkaran kecil yang ada di bawah setiap gambar (ingat, skin template bisa diganti kembali kapanpun). Setelah skin template dipilih, klik Lanjutkan.

 

Dan selamat kini anda sudah mempunyai blog. Klik Start Blogging untuk memulai membuat postingan baru dan memulai hidup baru sebagai blogger. Lalu apabila ingin men-setting kembali blog yang kita miliki, harus melalui control panel.

 

Seperti dicontohkan pada gambar dibawah ini :

Keterangan gambar :

o Posting Baru. Digunakan apabila hendak membuat tulisan baru.

o Post. Digunakan untuk mengedit tulisan yang sudah jadi.

o Pengaturan. Digunakan untuk men-setting blog, seperti metode penanggalan, arsip,

komentar, dll.

o Layout. Digunakan untuk menata tampilan template blog, jenis dan warna huruf serta

elemen halaman.



Selamat Berkreasi !!!

Ngeblog bareng Di SukabumiToday.Com

Ngeblog bersama Komunitas Blogger Sukabumi

Dimana langit dijunjung, disitu bumi dipijak. Falsafah itu masih terngiang dikepala saya, tentu bagi yang bumi pijakannya di Sukabumi, yah ngeblog pun tentunya di BumiBlogger.com.


Oktober 2007 saat itu tonggak Blog secara nasional mulai resmi diakui pemerintah keberadaannya dengan penetapan sebagai hari Blog Nasional pada tanggal 27 bulan tersebut. Pada hari itu juga diselenggarakan Pesta blogger pertama di Jakarta, yang mana blogger asal Sukabumi sendiri tetap mengirimkan wakilnya untuk hadir sebagai identitas blogger Sukabumi.
Di facebook, rekan-rekan yang ngeblog dari Sukabumi sebenarnya banyak banget, dan terus bertanya gimana nih komunitas blogger Sukabumi bisa eksis dipanggung blogosphere. Group Sukabumi Blogger di facebook mencoba dijadikan media komunikasi sehingga rekan2 blogger bisa kumpul dan berbagi ide bagaimana Sukabumi maju dibidang Blognya, walaupun saya tahu blogger dari Sukabumi cukup banyak namun tidak terorganisir saja.

Ajang demi ajang jadi pengingat bagaimana Sukabumi harus eksis juga, mulai dari Soft Launching di ultah Detik Blogger di gandaria city, disambut oleh rekan2 komunitas lain, bahkan bagaimana harapan kawan2 agar blogger sukabumi jadi tuan rumah Blogger Camp di Ujunggenteng. Waktu berlalu, diingatkan kembali kami akan agenda blogger sukabumi pada saat mengudara bareng blogger Bogor di radio Sipatahunan yang dihadiri Anjari, MT dan rekan2 Bloggor. Dari lokal, radio NBS dan radio Menara mengundang Bumiblogger untuk berbagi cerita bagaimana blogger eksis dan semestinya berkumpul.

Memang selalu ada moment pengingat, IDblognetwork bersama DeBlogger yang mengadakan Blogilicious sekaligus Milad Deblogger yang kedua mengundang bumiblogger untuk turut serta meramaikan acara dan hadir di Telkom jakarta Selatan di acara Idblogilicious Jakarta. Tentu ketika ketemu kawan2 kembali saya ditagih untuk merealisasikan Blogger Camp yaitu Mas Anjari.

Moment terakhir yang turut mengikut sertakan blogger sukabumi yaitu Amprokan Blogger Nasional di Bekasi yang digagas Kawan2 Komunitas Blogger Bekasi. Pertemuan dengan rekan-rekan blogger Se Nusantara itu cukup memberikan motivasi untuk terus memupuk semangat berkomunitas itu dalam rangka menjalin silaturahim meng-ejawantahkan ide dari sharing and connecting yang trnyata cocok dengan aktivitas berkomunitas.

Kegiatan yang dilakukan Komunitas Blogger Sukabumi adalah :
          Tahun 2007 Mengikuti Pestablogger pertama di jakarta

          Tahun 2008 Mengikuti Pestablogger kedua di jakarta

          Tahun 2008 Pembicara dalam PestaBlogger Palembang wongkito.net

          Tahun 2009 Mengikuti Pestablogger ketiga di jakarta

          Tahun 2010 Peserta XLNetRally dalam Ujicoba jaringan XL Mudik dari Lampung – Semarang

          Tahun 2010 Peserta Pestablogger Mini di Semarang yang dihadiri 140 Blogger dan 40 Jurnalis

          Tahun 2011 Launching BumiBlogger.Com di GandariaCity Jakarta

          Tahun 2011 Deklarasi Blogger ASEAN di Jakarta

          Tahun 2011 Amprokan Blogger tingkat Nasional di Bekas, Jawa Barat

     Tahun 2011 akan menghadiri Pertemuan Blogger ASEAN di BALI yang akan menghadirkan Mark Zuckerberg (Pendiri Facebook), Trinity (Blog Traveller)


Kini anda telah menjadi blogger dan bersiap berselancar didunia maya dengan lebih percaya diri dengan semangat sharing and conecting, berbagi dan berhubungan dengan semua orang dalam jaringan besar blogosphere yang tanpa batas. Peluang anda sekarang tanpa batas, sekat dan horray mari kita merayakan keberagaman melalui media internet yang sehat.



JOIN arsip.sukabumitoday.com

Cara Mudah Join arsip.sukabumitoday.com :

silahkan tinggalkan email anda di kolom komentar atau sent email kosong ke abah.oryza@gmail.com untuk kami invite sebagai Kontributor 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here