Sebuah perusahaan asal Jepang yakni NSK, telah mengembangkan sebuah robot berkaki empat yang memiliki roda dan bekerja sebagai robot anjing pemandu tuna netra. Robot ini pada dasarnya bergerak menggunakan roda. Di tempat-tempat tertentu seperti tangga di mana robot tidak bisa bergerak dengan rodanya dapat menggunakan kakinya sebagai gantinya.

Robot ini terinspirasi sulitnya meningkatkan kemampuan mendidik anjing pemandu. Butuh waktu sekitar 10 tahun untuk meningkatkan kemampuan anjing pemandu tersebut. Sehingga jumlah anjing pemandu tidak dapat ditingkatkan seketika. Serta ada beberapa orang tidak suka dengan kehadiran binatang.

Robot ini memiliki pegangan dengan sudut variabel dan panjang, sehingga pengguna dapat menjaga postur tubuh tetap stabil dan pegangan konsisten setiap saat. Pegangan pada anjing ini memiliki kekuatan sensor yang memungkinkan robot bergerak sesuai yang kita perintahkan. Jadi jika anda pegang menghadap ke depan, robot berjalan lurus, dan jika anda pegangan memutar, maka robot akan berputar. NSK berencana untuk melakukan uji di lapangan untuk keselamatan, dan bermaksud untuk merilis versi komersialnya.

Sumber