sumber : ahmadtholabi.wordpress.com 

SukabumiKota : Kecamatan Gunungpuyuh, berhasil meraih gelar juara umum Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Ke-33, Tingkat Kota Sukabumi Tahun 2011. Sedangkan juara pertama diraih Kecamatan Cikole, juara kedua Kecamatan Citamiang, dan juara ketiga Kecamatan Gunungpuyuh. MTQ yang diikuti oleh 217 peserta utusan dari 7 kecamatan se Kota Sukabumi ini, dibuka dan ditutup secara resmi oleh Walikota Sukabumi, H. Mokhamad Muslikh Abdussyukur, S.H., M.Si., bertempat di Masjid Agung Kota Sukabumi, baru-baru ini. 
Dalam sambutannya Walikota Sukabumi menandaskan, penyelenggaraan MTQ Tingkat Kota Sukabumi yang dilaksanakan setiap tahun, dalam rangka upaya menggali nilai-nilai luhur AL-Quran, untuk dijadikan pedoman hidup atau way of life, sekaligus menangkap getaran spiritualitas dan relijiusitas, dari untaian Kalam Illahi yang maha indah dan maha agung. 
Dijelaskannya, selama tiga hari, para qori dan qoriah, para ustadz dan ustadzah, serta anggota kafilah MTQ utusan dari 7 kecamatan se Kota Sukabumi, berkumpul dan bersilaturahmi, dalam rangka upaya memperkokoh keimanan dan ketaqwaan, sekaligus mengasah kemampuan membaca untaian Kalam Illahi, yaitu AL-Quran Nur Karim, sebagai salah satu pedoman hidup bagi keselamatan di dunia dan di akhirat. 
Walikota Sukabumi juga menjelaskan, penyelenggaraan MTQ ini, sebagai salah satu kegiatan yang sifatnya berjenjang dan berdimensi kejuaraan. Untuk itu, para qori dan qoriah harus tunduk pada aturan yang berlaku, terutama pada firman Allah, sebagaimana dinyatakan dalam Surat AL-Mujammil Ayat 4, yang artinya bacalah AL-Quran dengan Tartiil, atau sebaik-baiknya bacaan dengan memperhatikan sisi gramatikal dan sisi estetika. 
Berkaitan dengan hal tersebut, banyak variabel yang menentukan seseorang, untuk menjadi qori dan qoriah terbaik. Hal tersebut sudah menjadi hukum alam, karena dalam setiap kejuaraan tidak semua peserta dapat menjadi yang terbaik atau juara, kendati telah berupaya optimal menunjukan kemampuan terbaiknya. Dalam konteks pemahaman demikian, maka sikap ikhlas harus senantiasa melandasi niat dari semua peserta. Karena posisi juara dan bukan juara dari pelaksanaan MTQ ini, harus dijadikan bahan evaluasi, khususnya dalam meningkatkan kemajuan membaca AL-Quran, bagi kepentingan syiar Islam. 
Pada kesempatan tersebut, Walikota Sukabumi menyerahkan trophy, piagam penghargaan dan uang pembinaan, kepada juara pertama, kedua dan ketiga Cabang Tilawah anak-anak, remaja dan dewasa putera-puteri, Cabang MTQ, Cabang MKQ, Cabang MSQ, Cabang MFQ, Cabang Murotal, Cabang Tafsir, Cabang MMIQ, dan Cabang Qiroah Sabah. 
Reporter : ENDANG SUMARDI