Keaksaraan merupakan prasyarat untuk belajar, mengelola informasi, serta berfungsi untuk mengatasi berbagai keterbatasan seperti kemiskinan, ketertinggalan informasi, ilmu pengetahuan, eknologi dan seni. Dengan memiliki kemampuan membaca, memahami bacaan, dan membaca buku bacaan yang baik, seseorang tidak mudah terpengaruh untuk berfikir, bersikap, dan bertindak destruktif. Sehingga dengan membaca, bahan bacaan yang baik akan membawa seseorang berjiwa damai dan berkarakter bangsa yang positif. Hal ini sesuai dengan Tema Hai tahun ini yaitu” AKSARA MEMBANGUN PERDAMAIAN DAN KARAKTER BANGSA”.  (Sambutan Bupati Sukabumi pada Pembukaan HAI ke 46 tk. Jabar)

Upacara Hari Aksara Internasional Tk Provinsi Jawa Barat  ini merupakan kegiatan rutin Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat yang diselenggarakan secara bergilir di Kabupaten/Kota yang memiliki kesiapan menjadi Tuan Rumah, dan Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi tahun 2011 ini mencoba memberanikan menjadi Tuan Rumah terbaik. Sebagai salah satu bentu komitmen Pemerintah Daerah  Kabupaten Sukabumi dalam meningkatkan Angka Melek Aksara dan menuntaskan Angka Buta Aksara di Kabupaten Sukabumi. Dan kali ini disatukan dengan Pentas seni dan Promosi Siswa Pendidikan Khusus dan Pendidikan Layanan Khusus.


Peringatan Hari Aksara Internasional ini merupakan momentum penting dalam kerangka peningkatan pemberdayaan masyarakat, karena kebuta-aksaraan akan menghambat dan memperlambat pemberdayaan masyarakat yang pada gilirannya akan mengahambat percepatan pembangunan suatu daerah. Dengan demikian kami berharap dengan adanya acara ini dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan, dapat memotivasi masyarakat untuk terus meningkatkan keberaksaraan mereka dengan berbagai layanan pendidikan keaksaraan fungsional; keaksaraan usaha mandiri. Dan dapat mendorong Pemerintah Daerah untuk terus memfasilitasi sarana dan prasarana peningkatan kompetensi para aksarawan baru, supaya mereka tidak kembali buta aksara. (Sambutan Kadisdik Kab Sukabumi)


Seperti diketahui bersama bahwa acara Peringatan HAI ini diikuti oleh Bidang PNF 26 Kabupaten/Kota se Jabar dan Organisasi Mitra Bidang Pendidikan Nonformal; Ikatan Penilik Indonesia, Forum PKBM, HIPKI, HISPPI, Forum KF, Forum SKB, baik Tingkat Kabupaten maupun Tingkat Provinsi Jawa barat, demikian pula untuk kegiatan Pentas Seni dan promosi Pendidikan Khusus dan pendidikan Layanan khusus.