Om Jay Sang Blogger dan Guru 
Di dunia pendidikan yang semakin berkembang, mau tidak mau penguasaan teknologi informasi dan komunikasi menjadi sebuah keharusan bagi seorang pengajar. Teknologi Internet adalah salah satunya. Dengan internet, anak-anak didik kita dapat dengan mudah memperoleh berbagai ilmu pengetahuan.
Tahun 2009, Diknas pernah menginstruksikan penggunaan teknologi, utamanya komputer dan internet dalam pembelajaran. Gerakan itu perlahan tumbuh. Kemudian muncul pelatihan blogging untuk guru. Saat ini di beberapa lingkungan sekolah sudah ada yang mulai mewajibkan guru-gurunya mempunyai blog.
Apa sih manfaat blog untuk guru?
Blog dapat membantu guru menjelaskan pembahasan materi dari pelajaran yang ia ampu. Anak-anak juga dapat bertanya atau mengemukakan pendapat mereka melalui komentar. Sehingga, tanpa disadari guru telah membuka ruang diskusi antara dirinya dengan murid-muridnya atau murid dengan anak-anak lainnya. Mereka dapat saling berinteraksi. Berbagi ilmu.
Dengan blog, guru juga dapat memberikan soal dan latihan-latihan yang dapat dikerjakan oleh siswa-siswa mereka di manapun. Guru dapat memberikan alamat-alamat situs yang berkaitan langsung dengan materi yang sedang diajarkannya di sekolah. Ada banyak situs menarik yang memberikan kuis dalam bentuk permainan online.
Melalui blog, kita juga secara tidak langsung mengajak anak-anak didik untuk cinta membaca. Perlahan, anak-anak terbiasa untuk belajar secara mandiri. Belajar akan menjadi kenikmatan untuk mereka.
Jangan lupa, kreativitas Anda sebagai guru sangat dianjurkan untuk membuat blog yang menarik siswa Anda untuk berkunjung. Seperti halnya pembelajaran di sekolah, tulisan yang penuh tanpa gambar pun mungkin sedikit membosankan bagi anak-anak. Ada baiknya sisipkan foto, video, ataupun suara Anda dan murid-murid Anda.
Buatlah blog Anda menjadi media pembelajaran yang menarik bagi kegiatan belajar siswa-siswi Anda.
Selamat nge-blog Bapak/Ibu guru. Maju terus pendidikan Indonesia.
Dan… Selamat Hari Guru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here