bandrek dan sisa tutug oncom kota Paris (doc pribadi)
Tak seru bila ke Sukabumi tapi kita tidak menikmati jajanan khas yang ada di Sukabumi. Emang ada khas Jajanan Sukabumi? Ada dong, dan cukup banyak bila kita telusuri satu persatu dan lebih uniknya lagi memiliki jam “tayang” yang berbeda loh antar jajanan satu dengan lainnya.
Oke, kayaknya gak perlu terlalu banyak pengantar mengenai bahasan jajanan di Sukabumi.
Bandros ATA, mungkin di setiap kota di Jawa Barat terdapat jajanan yang namanya bandros, tapi Sukabumi punya ke khas-an tersendiri. Bandros yang ada dijalan Jakse ini memang primadona para pecinta kuliner yang sedang ada di Sukabumi. Memiliki jam operasional mulai pukul 11 malam hingga dini hari, dan berada di trotoar jalan yang tentu saja dipadati di jam tersebut hingga antri untuk merasakan kelejatan bandros. 
Mochi Lampion, sebenernya dah banyak merk mochi di Sukabumi, dan mochi sendiri dah jadi semacam trademark jajanan yang wajib dijadikan oleh-oleh bagi orang yang ke Sukabumi. Mochi Lampion selain karena emang pioner dalam menjual mochi, rasa dan kualitas mochi juga jadi jaminan mutu, walau memang punya harga yang cukup tinggi jauh dari mochi-mochi merk lain di Sukabumi. Mochi Lampion berada di Jl Kaswari, jauh berada di Gang sempit namun memiliki pembeli loyal yang rela menyusuri jalan sempit tersebut.
Bandrek kota Paris, sebenernya yang dijual bukan hanya bandrek. Di lokasi jajanan malam itu ada nasi tutug oncom, soto, tahu peletok, sekoteng dan jajanan khas malam hari lainnya. Berada di jalan Ahmad Yani dibuka disetiap malam mulai pukul 7, namun selalu libur di malam selasa. 
Bandrek BP, ini juga mirip dengan jajanan yang ada di kota paris, namun selain terkenal dengan bandreknya, juga jajanan bakwan, kue-kue khas sunda lainnya lengkap dan rasa yang enak. Namanya Bandrek BP karena awalnya berada di samping apotek BP di jalan Suryakencana, sekarang lokasi ada di jalan Syamsudin dekat Waroeng Makan Kampoeng dengan nama yang sama.
  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here