Foto Halo di Sukabumi, (doc pribadi Dedi S/Fotokami)
arsip.sukabumitoday.com : Sungguh beruntung semalam langit begitu cerah di atas wilayah Sukabumi dan sekitarnya. Salah satu tempat yang mendapatkan suasana cerah itu adalah daerah Cisaat, kota kecil perbatasan kabupaten dan Kota Sukabumi, selain suasana malam minggu bagi sebagian orang tentu cerah memberikan keasyikan tersendiri.
Hal yang berbeda dari malam yang cerah di malam minggu kali ini (8/10) ternyata terdapat fenomena alam hdilangit kota kecil Cisaat, Sukabumi. Sebuah fenomena alam bernama halo bulan, Sabtu (8/10) malam hari tadi bisa diamati dari Sukabumi, Jawa Barat. Di Alun-alun Cisaat, misalnya, sejumlah warga menyaksikannya, termasuk Dedi Suhenda, seorang fotografer yang aktif di Sukabumi mengabadikan fenomena ini menggunakan kamera model Nikon D90 Shutter speed 1 s, ISO 200 pada jam 22.05.
Menurut Wikipedia, Halo (ἅλως; disebut juga nimbus, icebow, atau Gloriole) adalah fenomena optikal berupa lingkaran cahaya di sekitar matahari dan bulan, dan kadang-kadang pada sumber cahaya lain seperti lampu penerangan jalan. Ada berbagai macam halo, tapi umumnya halo muncul disebabkan oleh kristal es pada awan cirrus yang dingin yang berada 5–10 km di atas troposfer. Bentuk dan lokasi kristal es menentukan tipe halo apa yang akan terlihat. Cahaya yang dipantulkan pada kristal es dapat terpecah menjadi lebih dari satu warna, sama seperti pada pelangi. (http://id.wikipedia.org/wiki/Halo_(fenomena_optik)