Kota Sukabumi jadi satu-satunya kota di Jawa Barat yang dinilai sebagai kota potensial untuk mengembangkan kota layak bagi anak. Seperti dikutip oleh Detik.com, Terdapat 10 Kota/kabupaten yang menjadi kota yang layak untuk anak.

Seperti di beritakan oleh Detik.com, Kota-kota yang mendapat penghargaan ini dipilih berdasarkan sejumlah kriteria yang telah ditentukan. Selain harus menjamin kesempatan pendidikan, kota layak anak juga harus menyediakan lingkungan dan sarana rekreasi untuk memenuhi kebutuhan bermain anak.

Tak ketinggalan, kota layak anak juga harus memberikan jaminan sosial dan kesehatan yang dibutuhkan oleh ibu hamil dan anak-anak. Salah satunya untuk memenuhi pencapaian target Millenium Development Goals yakni menekan angka kematian ibu dan anak.

Hal tersebut langsung disampaikan oleh Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak pada Hari Anak Nasional 23 Juli yang lalu di Dunia Fantasi, Ancol. Beliau juga memberikan penghargaan simbolis 3 Kota Layak Anak mewakili 10 kota/kabupaten lainnya. Ketiganya adalah Surakarta (Jateng), Pontianak (Kalbar) serta Badung (Bali).


Selengkapnya, 13 kabupaten/kota penerima penghargaan kota layak anak tahun 2011 adalah sebagai berikut.

  1. Kebumen
  2. Sleman
  3. Grobogan
  4. Deli serdang
  5. Pontianak
  6. Brebes
  7. Sukabumi
  8. Solo
  9. Tulungagung
  10. Surabaya
  11. Denpasar
  12. Rembang
  13. Badung