Hari ini hari pertama di Sukabumi. Setelah 13 jam perjalanan dari Lampung ke Sukabumi menggunakan si merah Shogun SP 125 andalan. Sebelumnya saya telah melakukan perjalanan dari Muntok, Bangka Barat menuju Lampung selama 12 jam dengan motor yang sama.

Sukabumi merupakan kampung halaman saya yang sudah lama sekali tidak tinggal secara lama. Sejak 9 tahun yang lalu lulus dari SMUN 1 Cibadak, dan hijrah ke Bumi Ruwa Jurai Lampung untuk menuntut ilmu dan mengadu nasib di Universitas Lampung.

Sukabumi 9 tahun yang lalu dengan kondisi sekarang tau jauh berbeda. kemacetan di setiap jalur, jalanan yang bergelombang serta hilir mudik angkot yang tak beraturan masih saja mewarnai kota. Yang mungkin berbeda adalah, mall yang bertambah, pemukiman yang makin padat serta pabrik menjamur dimana-mana.

Untuk beberapa hari kedepan, saya akan sedikit mengekplorasi daerah saya tercinta ini. Dan tentunya cerita saya seputar tempat kuliner, potensi sukabumi serta cerita perjalanan saya selama di Sukabumi. Demikian prakata saya setelah sampe di Kota tercinta ini, semoga berkesan dan bisa berbagi