Kirab Budaya Jawa Barat 2012 singgah di Sukabumi

4
201

Kirab Seni Budaya Jawa Barat /Budiyanto

Pada tanggal 31 Maret 2012 pukul 08.00 WIB, bertempat di Lapangan Merdeka Kota Sukabumi, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat akan menyelenggarakan Kirab Budaya Jawa Barat yang akan diikuti oleh kabupaten/kota se-zona budaya Priangan II, yaitu : Kota Sukabumi. Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Cianjur, Kota Bandung, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Bandung Barat, Kota Bogor dan Kota Cimahi.

Kirab Budaya yang berarti helaran, pawai budaya, karnaval, atau arak-arakan massal yang akan menampilkan berbagai bentuk kesenian, baik tradisi maupun nontradisi yang telah dikemas secara khusus itu sebenarnya pernah diselenggarakan pada tahun 2011 di beberapa kabupaten/kota di Jawa Barat, seperti : Kabupaten Garut, Kota Depok, Kabupaten Cianjur dan Kota Cirebon. Tetapi, karena antusiasmenya seniman peserta dan tingginya animo penonton, maka pada tahun 2012 ini kembali diselenggarakan. 


Setiap kabupaten/kota yang akan tampil wajib mengikutsertakan 3 (tiga) macam repertoar, dua merupakan garapan seniman daerah setempat, satu repertoar lagi adalah garapan Program Pemberdayaan Sarjana Seni, yaitu program yang diluncurkan oleh Disparbud Jawa Barat dengan jalan mengirim para sarjana seni ke beberapa daerah dengan maksud untuk memajukan pertumbuhkembangan kesenian di daerah yang bersangkutan.


Sebanyak 24 materi seni yang akan ditampilkan oleh 8 kabupaten/kota itu didukung oleh tidak kurang dari 1000 orang seniman dengan berbagai latar belakang seni yang berbeda. Dari Purwakarta misalnya, akan menampilkan seni Genje yang sering menjuarai berbagai helaran, dari Kota Bogor seni Ngarak Mapag Panganten, Cianjur Ngarak Posong, Kota Bandung Angklung Buncis, Tuan Rumah Kota Sukabumi akan menampilkan Seni Betok Pusaka, dan sebagainya.


Tujuan dari penyelenggaraan Kirab Budaya Jawa Barat disamping untuk memberikan hiburan yang sehat, edukatif dan bernilai kultural kepada masyarakat, juga untuk memberikan kesempatan kepada para seniman agar dapat tampil dalam forum yang lebih besar sehingga mereka akan memperoleh wawasan dan pengalaman seni yang pada gilirannya diharapkan dapat meningkatkan keterampilan mereka dalam berolah seni. 


Di samping itu, Kirab Budaya Jawa Barat ini diharapkan pula mampu mempersiapkan para seniman agar dapat berperan serta menyukseskan pengembangan ekonomi kreatif yang berbasis seni-budaya. Bagaimanapun juga kalau seni itu ingin tetap hidup maka seniman pun harus hidup agar seniman dapat kembali menghidupi kesenian itu, jadi ada semacam take and give yang sehat diantara keduanya.


Peluang Seniman Jawa Barat dalam menghadapi era ekonomi kreatif sebenarnya cukup besar mengingat Jawa Barat secara kultural terbagi menjadi tiga zona beda budaya, yaitu : Budaya Cirebon, Budaya Priangan, dan budaya Melayu Betawi, dimana ketiga zona beda budaya itu memiliki berbagai jenis kesenian yang antara satu sama lainnya berbeda pula. Keragaman ini dapat dijadikan modal sementara, selanjutnya tergantung kepada pengemasan yang kreatif dan inovatif dari para seniman serta didukung oleh manajerial yang kuat sehingga mampu bersaing di dunia global.


Bandung, 22 Maret 2012


Sumber : Pers Release 

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here