Adakah Penerus Petani?

1
157
Ilustrasi By. Alatpertanian.blogspot.com
Seiring perkembangan zaman  yang semakin moderen,  produk  pertania semakin  dibutuhkan demi kelangsungan hidup manusia sebagai kebutuhan utama dalam kehidupan sehari-hari, manusia semakin bertambah secara otomatis kebutuhanpun semakin bertambah. Hal ini  menjadi  perbincangan  serius pemerhati pertanian dalam ketahan pangan khususnya di Indonesia.

Indonesia di kenal sebagai negara agraris dan maritim oleh masyratkat dunia bahkan sering di tuliskan dalam sebuah lirik lagu ” Tongkat jadi Tanaman”, Jamrud Katulistiwa, sungguh sangat  kayanya Sumber Daya Alam  negara kita, produk  hasil pertanian kita menjadi primadona di mancanegara.

Permasalahan hari ini ialah masih adakah penerus-penerus petani dikalangan kaula muda? kita lihat dipedesaan-pedesaan, yang terjun dan mengurus lahan masih didominasi   oleh kalangan lanjut usia yang memiliki kekuatan terbatas, sedangkan kaula muda yang notabene memiliki kemampuan tinggi malah  berdiam diri menikmati lajunya zaman moderen ini, ini menjadi PR besar bangsa ini, akhirnya banyak lahan pertanian beralih pungsi menjadi area  pemukiman penduduk, sebut saja Sutrisna   (60) salah seorang petani di  Kecamatan Ciureum kota Sukabumi, ” dari pada sawah ini terbengkalai mendingan saya jua ke perumahan”, itulah yang dikatakan salah seorang petani di daerah Cibereum, akhirnya lahan pertanian berkurng, hal  ini menyebabkan ekspor besar-besaran pruduk pertanian dari negara lain.

kitsalamfish.blogspot.com

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here