BumiBlogger Goes to Asean Blogger Conference 2011 at Nusa Dua Bali

11
401
Thing Global Do Local
Launching di Gandaria City
Komunitas ini baru berdiri awal Februari di awal tahun 2011, tak tanggung – tanggung di launching berdua menumpang hajat bersama DetikBlogger di Mall Gandaria City Jakarta. BumiBlogger dimaksudkan hadir untuk menghimpun para narablog (istilah blogger dalam bahasa Indonesia) di Wilayah Kota dan Kabupaten Sukabumi. 
Walau belum memiliki prestasi yang membanggakan, nama bumiblogger cukup dikenal di beberapa kalangan lokal maupun nasional. Sosialisasi adalah kunci yang saya pegang dan coba gulirkan walau masih harus dilakukan dengan segelintir orang. Untuk kota Sukabumi cukuplah masuk di 2 radio ternama (Radio Menara dan NBS) mampu mengenalkan komunitas ini dengan pendengar yang mayoritas berusia remaja.
Beberapa Event seperti workshop juga dilakukan dengan cara bekerja sama dengan pihak-pihak terkait seperti Kaskus Regional Sukabumi dengan kegiatan Seminar IT (Pengenalan Blog dan Kaskus) di SMAN 1 Sukabumi, walaupun diwarnai mati lampu namun seminar tetep bisa berlangsung dengan konsep tanya jawab dengan siswa-siswa se Kota Sukabumi. 
stand komunitas blogger Sukabumi
Event Sukabumi Kreatif Festival tak kalah menarik untuk kerjasama event, adalah Bumi Kreatif sebagai penyelenggara sekaligus menjadi fasilitator dalam penyelenggaraan Workshop Ngeblog bagi pelaku Industri Kreatif di Sukabumi. Dalam acara tersebut, BumiBlogger kerjasama juga dengan @YoungPreneurSmi sebuah paguyuban pecinta wirausaha muda di Sukabumi yang berhimpun melalui media twitter, kerjasama yang dilakukan adalah berbagi stand dan saling mensupport usaha masing-masing.
Workshop Blog dan Internet Sehat
Kegiatan dalam #SMIkreatiFEST 2011 tersebut sedikit mengorbankan event Nasional yaitu Pertemuan Blogger Nusantara di Sidoarjo, namun memang sebuah pilihan antara mendahulukan kegiatan nasional dan merintis kegiatan blogger di lokal Sukabumi. Namun terobati dengan adanya event Internasional yang mengundang utusan dari BumiBlogger, hal ini makin menguatkan pengakuan adanya komunitas blogger di Sukabumi karena pastinya akan hadir juga para blogger se-Nusantara selain juga hadir Blogger Se ASEAN.
BUMIblogger Goes To Bali
Setelah dirasa cukup untuk sosialisasi BUMIblogger di lokal Sukabumi, walau tetap saja belum memuaskan, saatnya Komunitas blogger yang akan berulangtahun Februari 2012 mendatang ini unjuk gigi di pentas Internasional. Ajang ASEAN BLOGGER CONFERENCE pertama di Bali merupakan loncatan yang sangat penting, bisa sosialisasi komunitas blogger Sukabumi, juga memperkenalkan Komunitas Blogger setingkat ASEAN dan lebih penting lagi mengkoneksikan Jaringan Blogger se Nusantara.
Setelah dihubungi Mbak Indahjuli dari Bekasi, didapatlah 2 TIKET PP Jakarta Bali untuk keberangkatan 15 November – dan kepulangan 17 November 2011. Maka, berangkatlah saya dengan blogger pemula dari Sukabumi dengan pemilik blog Dailymaily.Info yang bernama Mailytahaq. Dengan menggunakan L300 yang dikenal sebagai “Setan Jalanan dari Sukabumi” jurusan Bogor yang memang dikenal dengan pembawaan supirnya yang menggunakan HIGH SPEED mode on dengan tak lupa sulapsalip dijalan yang padahal sangat kecil untuk ukuran jalan negara. 
Sampai di Bandara SoekarnoHatta di Cengkareng, Tanggerang, ternyata sudah ada beberapa Blogger yang sudah duluan sampai. walau banyak yang gak kenal, namun keterikatan sesama blogger mampu membuat suasana cair tercipta dengan cepat, disana ada kawan dari Indramayu saudara Didno (liputan ABC kang didno), ada Mang jaji sang blogger dari Banten, dari Bogor ternyata cukup banyak seperti Nona Ditta , mbak Desi dan seseorang yang baru saya kenal namun dengan baik berbagi maicih hadap depan yang terkenal pedas itu. ada juga 2 blogger asal Tanggerang yang ternyata mengaku asli Lampung! nah lho. Oh iya, ada muka lama dari Depok, Mbak Sisi yang ternyata sang Suami absen dan belagak Jomblo di event ini (maaf mas iman, aman kok hehehe).
Sesuai yang terjadwal, Take Off pesawat dari Cengkareng ke Bali melalui Bandara I Gusti Ngurah Rai sekitar jam 14 lewat (lewatnya ternyata delay sekitar setengah jam, yang seharusnya 14.05 menjadi lewat 14.35) yang akibatnya sampe di Denpasar Bali sekitar jam 16.20 karena memang waktu tempuh sekitar 1 jam 45 menit. Perjalanan untungnya cukup cerah di langit pulau Jawa sehingga tidak merasakan guncangan berarti akibat cuaca.
Di Sambut dengan pengalungan Bunga yang wangi semerbak khas Bali, dan mulai terasa suasana Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai yang menjadi pintu Gerbang Indonesia, betul! siapa yang tidak mengenal Bali, justru lebih dikenal dibanding nama besar Indonesia, sehingga wajar Bali ini lebih mampu menjadi duta bagi memperkenalkan Indonesia ke dunia Luar. 
Jreng jreng … selain hawa Internasional, ternyata disini sudah datang bersamaan kawan2 dari berbagi pulau dan kota mulai dari Padang, Palembang, Lampung, Banten, Jogjakarta, Surabaya, Ende, Makasar hingga kawan-kawan dari Kalimantan seperti blogger borneo (Liputan Asean Blogger mas Dwi) yang sebelumnya sudah pernah ketemu di Amprokan Blogger Bekasi.
Setelah beberapa jam menjadi ajang kangen-kangen dan sedikit berseloroh antar blogger yang sudah saling mengenal terlebih dahulu di blogosphere dan jagat Twitter serta Facebook. Kami hampir 200an Blogger di hantar melalui Bis “Tenaga Teknik” Asean Summit and related Summit 2011 menuju Hotel Pop Harris di Kuta, Bali.
Hotel POP Harris, Kuta – Bali
Sampai Hotel, kita kembali dipertemukan dengan para blogger yang sudah datang duluan, tak ayal lagi ajang foto-foto sesi berikutnya kembali terjadi, begitulah blogger, narsisme sepertinya menjadi ruh dari perjalanan menjadi blogger. Tak lupa kita mengantri untuk mendapat jatah kamar plus kaos yang akan digunakan besok pada ASEAN BLOGGER CONFERENCE di Nusa Dua Bali. 
Serasehan dan Ulang Tahun Bali Blogger Community (BBC)
Ternyata belum usai, wajah lelah dan kecapean plus badan yang lengket belum mandi setelag hampir seharian di perjalanan Sukabumi – Bali, kami masih di wajibkan untuk hadir dalam acara Ulang tahun Blogger Bali yang tentunya memanfaatkan Acara ini, suatu perhelatan ulang tahun yang dirayakan Blogger Se Asia Tenggara tentu membuat Blogger Bali menjadi special banget. Selain di isi dengan makan malam bersama, acara juga di suguhi penampilan musik dari Group Band lokal yang cukup menghibur, selain itu juga ada pemaparan kegiatan Blogger berbagi yang dilakukan teman-teman Bali Blogger Community (BBC). Puncak-nya untuk merasakan rasa Bali dalam event ini, para wakil Blogger ASEAN plus wakil dari utusan kota-kota Se Nusantara dilakukan pemakaian udeng, sebuah syal yang diikatkan ke kepala yang merupakan ikat kepala khas Bali.
Sebelum bubar dan kembali ke Hotel, kami juga membubuhkan tanda tangan dan goresan di sebuah Baligo yang sudah disiapkan sebagai tanda kehadiran rekan-rekan se ASEAN di Acara Ulang tahun Bali Blogger Community, Dirgahayu BBC semoga tetap sukses dan makin bisa berbagi dan bersilaturahim dengan warga Bali untuk mensosialisasikan Internet Sehat melalui Blog dan Sosial Media.   
Asean Blogger Conference di Nusa Dua, Bali 15 November 2011
Sampe Museum Pasifika, Ini dia ajang yang ditunggu-tunggu, Temu Blogger Se Asia Tenggara! inilah rundown acaranya :
ASEAN BLOGGER CONFERENCE, 15 – 17 November 2011. Museum Pasifika
Wednesday, Nov, 16
08      – 08.30 Registration
Kita akhirnya tiba di kawasan KTT ASEAN, sama – sama di Nusa Dua Bali, berbagai pengamanan dilakukan cukup ketat karena selain event Internasional, dikabarkan besok Presiden Amerika Serikat Barack Husen Obama akan hadir di KTT.
08.30 – 08.45 “Remarks by President of the ASEAN
                        Blogger Community Chapter Indonesia” Iman Brotoseno
Didahului dengan sambutan menggunakan Bahasa Inggris sebagai pengantar, dan ternyata kegiatan keseluruhkan memang menggunakan bahasa internasional ini. Sang Presiden memaparkan bagaimana kemunculan Komunitas Blogger Asean atas prakarsa dan mediasi Kementrian Luar Negeri yang Dirjennya juga Blogger yakni, Pak Huzairin Pohan. 
08.45 – 09.15 “Keynote Speech and Opening Remarks Minister of Communication and
                        Informatics of the Republic of Indonesia” Tifatul Sembiring
Acara dihadiri pak Menteri yang keseringannya menjadi bahan diskusi pro kontra di Jagat Social media baik itu twitter maupun Blog, karena memang Menteri dari PKS ini cukup rajin berkicau baik melalu team-nya maupun langsung dari twitter sendiri. Setelah sambutan dan membuka acara pun, terlihat di Timeline @tifsembiring update kicauan, namun ternyata hanya sambutan beliau yang di Kultwit di garis waktu.
09.15 – 09.45 “Implementation of the ASEAN Charter toward ASEAN Community 2015”
                        “H.E. Ambassador Hazairin Pohan”
Sebagai Blogger yang juga orang dalam Kementrian Luar Negeri, Pak Pohan lebih bagaimana bercerita peran Indonesia di Ajang ASEAN SUMMIT, juga memberikan informasi pentingnya komunitas ASEAN dan Blogger bisa berperan serta menyatukan kawasan yang penting bahkan Bagi negera-negara seperti China, Rusia dan Amerika yang hadir sebagai tamu dalam KTT ASEAN di Bali.
09.45 – 10.00 Discussion/ Q & A Rika Amrikasari
Inilah sesi cerita-cerita Kegiatan Bloger di negara-negara Sahabat,  kawan-kawan dari Kamboja, Vietnam, Malaysia, Brunei Darusalam dan Philipina berbagi cerita dan informasi mengenai bagaimana peta blogosphere di negara mereka masing-masing. Selain itu mereka juga sharing mengenai kegiatan online serta bagaimana interaksinya antara Blogger, Pemerintah dan Masyarakat disana.
Rika Amrikasari yang menjadi moderator dalam hal ini membagi beberapa sesi dari Presentasi dari Berbagai negara tersebut.  Ada Syaira dari Philipina yang cerita bagaimana Blogger di Philipina, Dari Vietnam sharing tentang hebatnya Content dan Website lokal yang mampu berjaya dibanding Social Media dari Negeri Luar seperti Facebook dan Twitter. Jelas memang karena di Vietnam seperti diketahui bahwa Internet di  Sensor oleh negara sehingga dibatasi semisal di China, namun ternyata efeck Positifnya mampu membuat kegiatan social Media dikuasai oleh produk lokal.
10.00 – 10.15 Coffee Break All Team
10.15 – 11.30 “The Establishment of ASEAN Blogger Community” DonnyBU
No Comment, banyak banget materi … 
11.30 – 12.30 ASEAN Blogger Meeting All Blogger
14.00 – 15.00 Presentation FGD Bloggers
Dengan dipandu oleh 2 Blogger Muda Yaitu Nona Dita dan Herman Saksono (laporan Deklarasi) , Blogger dibagi menjadi 3 untuk conference mmembahas apa-apa yang akan dijadikan materi Deklarasi Blogger ASEAN. 
Wakil Bumiblogger terpisah di Group A dan B, saya sendiri bergabung dengan group B yang disana ada Wakil Malaysia, Kamboja dan Brunei Darusalam. Selain menggunakan Bahasa Inggris, di Arena Diskusi ini diperbolehkan menggunakan Bahasa Indonesia agar ide-ide tidak terhambat bahasa, dengan catatan usulan di Terjemahkan oleh Moderator.
12.30 – 13.10 LUNCH
15.00 – 16.10
“Talkshow The role of online social media to increase public awareness of ASEAN”
                        
Presentasi dari Si Ganteng Mike Orgil tentu menggunakan bahasa Inggris memang bikin kita ngantuk, atau emang karena kita terlalu lelah mendapat berbagai materi, namun bagi sebagaian wanita ini malah membuat mata tiba-tiba sejuk dan segar, eh gimana enggak, dengan menggunakan dress Kemeja Pink, wakil Google Asia Tenggara ini membuat kembali hangat, yah minimal bagi para blogger wati itu :D.
Google Public Policy Southeast Asia
                        Mike Orgill
Startups in Indonesia
                        Shinta Dhanuwardoyo
Socmed in the future
                        Nukman Luthfie
Masih di Pandu Onno W Purbo, presentasi dilanjut oleh wanita cantik yang sukses membuat Bubu.Com sebagai EO kegiatan online yang kini bekerja memfasilitasi startup Lokal dibidang permodalan. Nah, yang ini bari bikin kawan-kawan pria menjadi seger, selain karena guyonan Pak Onno yang memuji kecantikannya,dan memang Mbak shinta cantik juga :D.
Presentasi Blog versi Kultwit Nukman
Dan jreng-jreng, ini menurut saya gak kenal gender, si ganteng kalem ini mampu menyihir peserta yang awalnya terserang lelah dan kantuk dengan presentasi gado-gado, karena walau bahan presentasi di SlideShow menggunakan bahasa Inggris, namun pak Nukman membahas menggunakan bahasa indonesia degan disertai joke-joke segar ala StandUp comedy :), Pak Nukman bercerita bagaimana dia mulai Ngeblog dan kemudian jadi seleb, lalu mendapat banyak koentar dan pengunjung, lalu tiba-tiba datang serangan tentara social media bernama Facebook dan Twitter yang mampu menyulap Dunia Blogging ke dunia yang lebih kecil bernama Micro Blogging.
16.10 – 17.50 Freedom of Expression Enda Nasution
                Freedom of Expression in Indonesia Anggara Suwahyu
                Freedom of Expression in Chambodia
                The Information and Technology Development Onno W Purbo
                Discussion/ Q & A
Ini males bahas ah, saya kasih foto-foto-nya aja, karena emang bahasan terlalu teknis, dan juga gak nguasain amat bahan, yang intinya sih kebebasan berekspresi gitu dech.
17.50 – 18.00 Foto Session
18.00 – 18.30 Break
                Declaration Prepare Bloggers
18.30 – 19.00 Introductions among the Blogger Community Bloggers
19.00 – 19.15 “Welcome Remarks by Director General of ASEAN Cooperation”
                        Djauhari Oratmangun
19.15 – 19.40 “Signing ceremony of the Declaration of ASEAN Blogger Community Member Countries
                        By reprsentatives of ASEAN Bloggers from ASEAN” by  10 ASEAN Members
Inilah Deklarasi Lengkap dari hasil FGD tadi sore, saya copas dari Blog Mas Jarwadi, yang beliau copas juga dari pak Presiden Asean Blogger Chapter Indonesia Mas Iman Brotoseno

1. We, the ASEAN bloggers, gathered in Bali, on 16th November 2011, aligned with the 19th ASEAN Summit,  acknowledge the role and contributions of social media for the establishment of ASEAN Community 2015.2. We, the ASEAN bloggers, aspire to seek the freedom of expressions among us as enshrined in Universal Declaration of Human Rights.3. We, the ASEAN bloggers, in the spirit of partnership and solidarity among the family of people from ASEAN countries, independent of political influence, are determined to use social media in the development of ASEAN’s political, economic, and social-cultural potentials with the aim to promote understanding among ASEAN people.4. We, the ASEAN bloggers, are determined to develop cooperation in all fields under ASEAN’s One Vision, One Identity, and One Community.5. We, the ASEAN bloggers, are committed to ethical and positive demeanor, respectful of the rights of authors attached to articles, photos, and videos, and other creative products.6. We, the ASEAN bloggers commit to:a. Declare the 16th November as the ASEAN Bloggers’ Day.b. Develop communication platforms, both at the national and the sub-regional levels, taking into account the interest of people participation in the rural areas of ASEAN countries.c. Organize future activities to encourage closer contact among bloggers.d. Mandate the Indonesian ASEAN Blogger Community President to coordinate and communicate to all their counterparts from ASEAN countries regarding development and progress achieved in accordance with the Declaration.7. We, the ASEAN bloggers, encourage all bloggers to join our efforts in making this Declaration a reality.Declared in Bali, 16th November 2011.

Draft sebelum di Acc terlihat di dalam gambar ini :
Draft Deklarasi
19.40 – 19.50 “Announcement and Awarding the winner of Blogger Writing competition”
Saya kurang semangat untuk yang ini hehehe .. gak ding, semangat sih, cuman karena saya gak ikut lomba jadi geregetnya gak ada. Coba kalo saya ikut, pasti dapet juara tuh #eahhh. Tapi selamat buat UnggulCenter dari Palembang yang bisa terbang ke Bali gara-gara tulisan terbaiknya mengenai Asean Blogger, plus banyak hadiah tentunya ya bro. 
19.50 -21.00 Dinner with Bali Dance performace
yang bergelar S.Sn itu yg cowok berkipas
Dahsyat! itu yang saya lihat dan rasakan, suasana tiba-tiba hening, senyap penuh mistis dan inilah yang saya rasakan sebagai Benar benar merasa di Bali! kejutan demi kejutan di persembahkan oleh para penari Bali yang klo gak salah, satu dari beberapa penari itu bergelar S.Sn artinya dia benar-benar belajar filosofi menari dari dalam hati. Sebagai penyuka tarian tradisional, saya merasa dia begitu meresapi tema dan arti tarian sehingga memiliki jiwa atas sebuah gelaran seni.
Dibuang sayang :
di arena selalu ada saja yang menarik untuk diabadikan, dan tentunya sangat sayang bila di buang 🙂 berbagai tema yg bisa di kasih judul dari mereka yang terlibat :
Blogger si Manusia Kabel
sandy blogger Seruit.Com
Blogger Tanggerang asli-nya Lampung 🙂
Bingung?
Mesra? manusia kabel juga butuh kehangatan, #eahhh
Jauh-jauh dari lampung nyari Colokan listrik (Sony.web.id)
Dolanan neng Bali

Banua Beach
Krisna, Oleh-oleh Khas Bali
Joger Bali
NB : ketemu sebel Blog di Bali

CeritaEka.com sekaligus Host Acara
WiwikWae



Yg Unik ;

Apanya yg aneh coba? (ironi)
Topi Khas Tanggerang
Dan Akhirnya kita PULANG …..

foto bersama sebelum delay berjam-jam :p

11 COMMENTS

  1. Curang, dipaksa komen, wkwkwkwk. Baydeway, versi yang ini singkat dan jelas banget om. Semoga kita bs berjumpa lg di lain kesempatan yaa. Salam buat mayla. #salamblogger

  2. makasih Ayankmira sudah mampir, salam dari Komunitas Blogger Sukabumi juga, terus dukung kami mengembangkan dunia blogging di Kota kecil Sukabumi 🙂 …

    salam hangat

  3. Makasih Semua dah mampir di Blog Sukabumi 🙂 salam buat Mbak ajeng, chandra, jarwadi, mbak eka, mas dwi dan mas dafhy 🙂 sukses selalu buat kalian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here